BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr. Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev, menyerahkan bantuan Ketahanan Pangan Desa Ollot II, Kecamatan Bolangitang Barat, Rabu (29/5).

Bantuan ketahanan pangan tersebut bersumber dari Dana Desa berupa Hand sprayer 23 unit, mesin potong rumput 30 unit, paket benih jagung dan herbisida 63 paket yang diserahkan kepada masyarakat serta bantuan benih tanaman hortikultura, alat kocor pupuk, paranet, plastik UP, mulsa, pot ray dan polibag untuk PKK desa.

Sirajudin mengatakan ketahanan pangan terus menjadi salah satu program prioritas pemerintah dalam upaya memastikan ketersediaan dan akses pangan yang cukup bagi seluruh masyarakat.

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, berbagai langkah strategis telah diambil oleh pemerintah, termasuk peningkatan produksi pertanian. Peningkatan produksi pangan menjadi sangat penting seiring dengan terus bertambahnya populasi masyarakat, sementara luas lahan pertanian justru mengalami penurunan.

Sirajudin juga menyoroti tentang keseragaman waktu menanam. Hal tersebut memiliki peran krusial dalam pengelolaan sumber daya air, pencegahan hama, dan optimalisasi hasil panen. Dengan menanam secara serentak, akan lebih efisien dalam penggunaan air irigasi dan meminimalkan serangan hama yang biasanya meningkat saat tanaman berada pada tahap perkembangan yang berbeda.

Sirajudin juga memberi apresiasikepada sangadi dan seluruh perangkat desa Ollot II yang telah memfasilitasi pengadaan alsintan dan bibit jagung serta herbisida untuk para petani. Ia berpesan kepada para penerima bantuan tersebut untuk dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Digunakan secara optimal untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menigkatkan kesejahteraan para petani.

Tutut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten bidang Perekonomian dan pembangunan Dr.Hi. Abdul Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si., Pimpinan OPD, Camat Bolangitang Barat, Sangadi Ollot II, Serta Masyarakat. (*)