BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr Sirajudin Lasena SE MEc Dev diwakili Asisten Administrasi Umum Bapak Uteng Datunsolang, S.Pd.,M.Si menghadiri Bimbingan Teknis terkait Pencatatan Sipil dalam rangka mendukung Program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Ballroom Hotel Aston Manado, Jumat (7/6).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Sekretaris Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas pelayanan Dukcapil kepada masyarakat.

Uteng mengatakan, kependudukan menjadi salah satu titik sentral pembangunan berkelanjutan yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk tertib penyelenggaraan Adminduk, tertib penyelenggaraan berdomisili serta pemberian akses kepada penduduk atas hak-haknya dalam pelayanan publik yang tepat guna dan tepat sasaran.

Sejalan dengan hal tersebut diatas, Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) sangat penting untuk diterapkan dan dilaksanakan yakni sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan untuk semua urusan, dan sadar pelayanan Adminduk yang membahagiakan masyarakat.

“Harapannya dengan adanya Bimtek ini, kemampuan dan kualitas pelayanan Adminduk di Desa/Kelurahan semakin meningkat dan data yang tersampaikan akurat dan valid,” katanya.

Turut hadir, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Samidin Korompot, S.STP.,M.Si bersama jajaran Dinas Dukcapil Kab. Bomut. (*)