BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr. Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev melakukan audiensi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian di Jakarta, Jumat (7/6).

Pada kesempatan tersebut Sirajudin menyampaikan Alsintan sangat penting untuk mendukung produktivitas dan efisiensi kerja di sektor Pertanian, yang merupakan tulang punggung perekonomian daerah.

Penggunaan alsintan modern dapat membantu para petani mengatasi berbagai kendala yang selama ini dihadapi dalam proses bercocok tanam. Dengan alsintan, proses pengolahan lahan, penanaman, hingga panen dapat dilakukan lebih cepat dan efisien.

Sementara itu, Dirjen PSP Ir. Ali Jamil, MP, Ph. D menyampaikan saat ini, pemerintah pusat memberikan kemudahan bagi petani. Dalam upaya mendukung pengembangan Sektor Pertanian dan meningkatkan produktivitas petani, Dirjen PSP yang menjadi perpanjangan tangan Kementan menyampaikan skema Kredit Usaha Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Skema kredit ini ditujukan bagi para petani dan pelaku usaha pertanian guna mempermudah akses terhadap alat dan mesin pertanian yang modern dan efisien.

Skema kredit ini diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) nomor 3 tahun 2023 tentang Pedoman Kredit Usaha Alat Mesin Pertanian (Krutan). Peraturan ini menjadi landasan penting dalam penyediaan fasilitas kredit dengan bunga rendah serta persyaratan yang lebih mudah untuk dipenuhi oleh para petani dan pelaku usaha.

Dengan adanya skema Kredit Usaha Alat Mesin Pertanian ini, Kementan melalui Dirjen PSP terus berkomitmen untuk mendukung dan mendorong kemajuan sektor pertanian di daerah. Melalui akses yang lebih mudah terhadap alat dan mesin pertanian, diharapkan sektor pertanian dapat tumbuh lebih pesat dan berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani dan pelaku usaha pertanian. (*)