Gambar Tomohon

Tomohon,- Visi-Misi Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk terkait program Internet Gratis sepertinya ‘gagal’. Program itu sama sekali tidak seperti yang digembar-gemborkan pemerintah.

Program internet gratis itu dilauncing Pemkot Tomohon, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Tahun 2021 lalu.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, pada launching saat itu mengatakan, dengan adanya internet gratis, masyarakat dapat mengakses informasi yang sifatnya positif.

Dengan harapan, kata dia, hal itu untuk dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan jati diri masyarakat.

Disamping juga hal itu guna menghemat pengeluaran pribadi masyarakat untuk pembelian pulsa data karena telah berjalannya program internet gratis di Kota Tomohon.

“Kiranya masyarakat Tomohon memahami serta memiliki literasi digital yaitu pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital. Termasuk membuat informasi serta memanfaatkannya secara sehat, bijak, tepat, dan taat hukum dalam rangka membina interaksi kehidupan sehari-hari,” terang Caroll.

Sayangnya, internet gratis yang dilauncing itu tak sesuai realita. Masyarakat Kota Tomohon mengaku tak menikmatinya.

“Internet gratisnya dimana? Kalau ada, mungkin hanya segelintir orang yang menikmatinya,” ucap Luis warga Tomohon Selatan.

Sementara, tokoh pemuda Tomohon Arter Moningka, mengatakan, program internet gratis itu dinilainya hanya isapan jempol semata. “Pemerintah menyampaikan internet gratis, tapi saat ini tidak ada,” ucapnya.

“Internet gratis apanya? Bahkan, di area kantor Walikota Tomohon saja tidak ada. Coba di cek. Karena, beberapa kali ke MPP, saya tidak mendapatkan program itu. Di situ juga tidak ada Internet gratis,” bebernya. 

Ia berpandangan, kegagalan program itu adalah tanggungjawab dari oknum Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Novi Politon yang kini sementara menjabat.

“Program ini dilaunching, saya tau saat beliau menjabat lalu. Sama sekali tidak jalan. Dan menurut saya gagal di tangan beliau,” ucapnya.

Meski begitu, Arter mengatakan, pihaknya sangat mendukung program tersebut. “Ini sebenarnya program yang sangat baik dari Pak Walikota. Tapi, tidak mungkin dengan banyaknya urusan beliau harus selalu mengecek,” ucapnya.

“Puji Tuhan, jika terpilih kembali kami sebagai generasi muda di Kota Tomohon mengingatkan kepada Pak Wali Kota Caroll Senduk supaya memilih pejabat yang betul-betul bisa menerjemahkan program dari Pak Walikota,” pungkasnya.

Gambar Tomohon