Gambar Tomohon

BOLMUT,- Meski sudah diingatkan berulang kali untuk disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, namun didapati masih banyak oknum yang tidak disiplin.

Dalam inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan oleh Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) didapati banyak yang tidak masuk kantor pada hal dilaksanakan apel Korpri di Aula Pohuhimbunga, Rabu (17/1) pagi.

“Yang tidak hadir itu menandakan yang bersangkutan tak disiplin, jadi akan diberikan surat teguran, agar kedepan lebih optimal dalam melaksanakan tugas sebagai abdi Negara,” kata Sirajudin.

Sidak pertama dilakukan Sirajudin di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Bolmut. Saat mengecek daftar hadir satu persatu, ditemukan ada pegawai yang meninggalkan kerja meski saat jam kantor.

“Yang bersangkutan tetap dianggap tak hadir, dan akan diberi punishment. Tapi yang rajin melaksanakan tugas dengan penuh kedisiplinan akan diberi reward, terima kasih untuk semua yang tetap menunjukkan kedisiplinan,” ungkapnya.

Di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, didapati kepala dinas tak berada di kantor. Begitupun di Dinas Ketahanan Pangan, kepala dinas dan sekretaris tak ada, hanya 5 ASN yang hadir dari total 17 ASN saat Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena tiba di kantor tersebut. Untuk THL tak ada sama sekali yang hadir.

Di Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan, dan Dinas Pariwisata ditemukan juga ada ASN dan THL yang tidak masuk kantor, dan bolos saat jam kerja.

“Disiplin pegawai tetap menjadi perhatian serius pemerintah, jadi diharapkan dapat ditingkatkan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat,” tegas Sirajudin. (*)