Gambar Tomohon

BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr Sirajudin Lasena SE MEc Dev diwakili Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Dr. Hi. Abdul Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di daerah, Selasa (2/7).

Kegiatan yang digelar secara virtual tersebut dipimpin langsung oleh plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si.

Dalam sambutannya, Plt. Sekjen Kemendagri menyampaikan sesuai data dari BPS inflasi tahunan juni 2024 lebih rendah dibanding bulan sebelumnya (-0,08%) dan bulan yang sama di tahun 2023 ( 2,51% ). Patut disyukuri atas kebersamaan dan kerja keras kita semua, angka tersebut dapat dicapai.

Kelompok penyumbang utama andil deflasi pada juni 2024 yaitu kelompok makanan minuman dan tembakau dengan tingkat deflasi yang lebih dalam dibandingkan mei 2024. Beberapa komoditas utama penyumbang andil deflasi juni 2024 adalah komoditas bawang merah, tomat, daging ayam ras, dan telur ayam ras dengan masing-masing andil deflasi yaitu 0,09%, 0,07%, 0,05% dan 0,02%.

Inflasi juni 2024 menurut wilayah (m-to-m) sebagian besar provinsi mengalami deflasi dimana 12 provinsi mengalami inflasi dan 26 provinsi mengalami deflasi.

Secara umum, selama januari – juni tahun 2024, komoditas dari kelompok harga bergejolak memiliki frekuensi yang lebih sering sebagai komoditas utama penyumbang inflasi. Komoditas emas perhiasan dan sigaret kretek mesin (SKM) menjadi komoditas utama penyumbang inflasi dalam 6 bulan berturut-turut.

Berdasarkan data SP2KP, Secara nasional, jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan IPH pada M4 juni 2024 berkurang dibanding minggu sebelumnya. Sedangkan jumlah kabupaten/kota yang mengalami penurunan IPH pada M3 juni bertambah.