Bitung,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung telah menyelesaikan rapat pleno tertutup terkait penetapan pasangan calon peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bitung tahun 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, Deslie Sumampouw didampingi Komisioner KPU Wiwinda Hamisi, Yunoi Rawung, Muhajir La Djmudin dan Frangky Takasihaeng saat melalukan Konferensi Pers di Kantor Gedung KPU, Minggu (22/09/2024).

Sementara itu ketua KPU Bitung Deslie Sumampouw mengatakan, sesuai dengan Berita Acara Nomor 192/PL.02.2-BA/7172/2/ 2024, rapat ini digelar di Kantor KPU Kota Bitung.

Penetapan ini berdasarkan ketentuan Pasal 120 Ayat 1 Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, dan Wakil Walikota,berita acara tersebut menjadi acuan dalam pleno antara lain, Berita Acara Nomor 192, 193, 194, hingga Nomor 195.

Berdasarkan hasil pleno tersebut, ditetapkan dua pasangan calon yang akan bertarung dalam Pilkada Kota Bitung 2024.

“Hengky Honandar, SE, dan Randito Maringka  yang diusulkan oleh gabungan partai politik Gerindra, Partai Demokrat, PAN dan Perindo, dengan total perolehan suara sah DPRD Kota Bitung pada Pemilu 2024 sebesar 60.660 suara.

“Geraldy Matias Efraim Mantiri, SE, dan Erwin Philips Wurangian, yang diusulkan oleh gabungan partai Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dengan total perolehan suara sah sebesar 53.724 suara,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama masa tanggapan masyarakat yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 September 2024, KPU menerima satu tanggapan dari masyarakat terhadap salah satu pasangan calon.

“Setelah diteliti dalam rapat pleno, tanggapan tersebut dinyatakan tidak dapat ditindaklanjuti karena tidak sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelas Deslie.

Lanjut Deslie, kedua pasangan calon resmi ditetapkan sebagai peserta pemilihan walikota dan wakil walikota Bitung, Dengan demikian, kedua pasangan calon di atas secara resmi ditetapkan sebagai peserta calon Walikota dan Wakil Walikota Bitung 2024 dan akan mengikuti pengundian nomor urut pasangan calon yang akan dilaksanakan di esok hari.