banner 728x90

Dosen Politeknik Negeri Manado Bekali WKI GMIM Soal Rangka Perletakan Tanaman Microgreen

dosen politeknik negeri manado ivonne fredrika yunita polii

TOMOHON – Tim Dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Universitas Politeknik Negeri Manado membekali Kelompok Wanita/Kaum Ibu (WKI) GMIM Yobel Uluindano terkait pembuatan rangka microgreen.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan, Jumat (24/9/2021), di Kelurahan Uluindano, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

Kepada wartawan Ketua Tim Dosen Pelaksana PKM Ivonne Fredrika Yunita Polii ST MT, didampingi anggota, Djefry Paulus Hosang ST MT. dan Adolf Tonny Rasuh M.Hum mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

“Ini sebagai salah satu wujud tanggung jawab dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi. Untuk saat ini kami mensosialisasikan pembuatan rangka perletakan tanaman Microgreen kepada WKI GMIM Yobel Uluindano,” ungkap Ivonne.

Ivonne Fredrika Yunita Polii wki uluindano
Tim Dosen Politeknik Negeri Manado bersama Kelompok WKI Uluindano

Menurutnya, Microgreen adalah tunas dari berbagai tanaman sayur yang dapat dipanen sekitar 7-14 hari. “Setelah disemai dan Usia panen dari tanaman ini dibagi menjadi tiga fase, yaitu usia kecambah (3-7 hari), usia microgreen (14-21 hari), dan usia tanaman dewasa (40-60 hari),” tuturnya.

“Saat dipanen, microgreen biasanya berukuran 5-10 sentimeter,” ujar salah satu Dosen terbaik di Universitas Politeknik Negeri Manado itu.

Dikatakan Ivonne, rangka microgreen ini sangat simple dan dapat diletakkan di ruang yang sempit sekalipun dan tidak memerlukan lahan yang luas. “Muda-mudahan, apa yang kami sosialisasi ini dapat membantu masyarakat dalam hal ini, kelompok WKI GMIM Uluindano,” tukas Ivonne.

Sementara, Sekretaris Komisi WKI yang adalah juga Lurah kelurahan Uluindano, Djenni Labaiga, SPd MPd mengungkapkan terima kasih kepada Tim Dosen PKM Politeknik Manado yang sudah membekali pihaknya.

“Ini adalah salah satu pengetahuan baru bagi kaum ibu. Dan kedepannya, pasti dapat memanfaatkan lahan kecil bahkan di dalam rumah,” pungkas Djenny.