Percepatan Transformasi Digital, Balmon Kunjungi Kominfo

"Koordinasi pengukuran frekeunsi digital yang bertujuan untuk percepatan Transformasi digital di daerah"

IMG 20230210 WA0024
Kadis Kominfo Minahasa Maya Kainde, SH, MAP menerima Kunjungan Balai Monitor Sulut, Jumat (10/2/23)

MINAHASA – Balai monitor merupakan ujung tombak sekaligus citra dan wakil bagi Komunikasi dan Informatika dalam hubungannya dengan masyarakat di berbagai daerah.

Jumat (10/2/2023), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Maya Kainde, SH, MAP menerima kunjungan kerja tim Balai Monitor Sulut di kantor Kominfo.

“Kunjungan Tim Balmon untuk berkoordinasi tentang pengukuran frekeunsi digital yang bertujuan untuk keperluan telekomunikasi, internet merata, berkecepatan stabil dan tinggi serta keperluan kebencanaan,” bebernya.

Transformasi TV analog menuju TV digital sesuai amanat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020. Analog switch off atau penutupan siaran analog (ASO), selanjutnya TV analog bermigrasi ke televisi digital.

“Manfaat utamanya adalah frekuensi tambahan pada spektrum Radio dan biaya siaran yang lebih rendah serta kualitas siaran lebih bersih, kualitas suara jernih, dan semakin beragamnya konten dan program siaran, terangnya.

Kemajuan perkembangan sistem informasi saat ini juga menjadi bahan pertimbangan untuk mengetahui titik blank spot atau lokasi yang tidak tercover sinyal telekomunikasi seperti daerah pedesaan.

“Kesenjangan akses internet harus kita atasi, Internet bisa digunakan untuk mengangkat potensi desa, seperti pertanian juga pariwisata, bisa diekspose, tutupnya. (Jesica*)