Tondano,- Sosok Hangky Arther Gerungan atau HAG, kembali jadi buah bibir. Sosok pengusaha sukses asal Kakas ini, dinilai layak memimpin Tanah Malesung.

Beredarnya nama HAG di ruang publik, dipicu semakin dekatnya gelaran pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Minahasa pada bulan November mendatang.

Nama mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sulawesi Utara (Sulut) ini menjadi pembicaraan di masyarakat.

Seperti disampaikan Dannie Sumual, warga Kecamatan Eris. Dia berpendapat, HAG layak untuk maju di Pilkada Minahasa.

“Beliau tokoh yang disegani dan dicintai masyarakat. Tentu kerinduan kami, bapak Hangky bisa maju di Pilkada tahun ini,” ungkap Sumual, Selasa kemarin.

Hal senada disampaikan Landy Rawung. Dia beranggapan, sosok HAG yang pernah maju di Pilkada Minahasa tahun 2013 silam, adalah figur pro rakyat.

“Sebagai pendukung beliau di Pilkada lalu, kami berharap bapak bisa maju kembali. Minahasa butuh pemimpin yang memiliki pengalaman serta merakyat. Sosok sederhana seperti beliau, sangat layak,” ungkapnya.

Seperti diketahui, HAG pernah menjadi calon bupati pada Pilkada Minahasa tahun 2013. Saat itu, dia berpasangan dengan Recky Montong.

Sepak terjang HAG di kancah politik Tanah Malesung, tidak perlu diragukan.

Beliau pernah menjadi ‘motor’ kemenangan pasangan Roy Roring dan Robby Dondokambey (RR-RD) di Pilkada Minahasa 2018. Saat itu, RR-RD diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).