Tomohon

Tahapan Pilkada 2020 Berlajut, Kinerja Soputan Cs Dipantau Bawaslu Sulut

Tahapan Pilkada 2020 Berlajut Kinerja Soputan Cs Dipantau Bawaslu Sulut
Suasana Kunjungan Bawaslu Sulut di Kantor Bawaslu Tomohon.

TOMOHON, LiputanKawanua.com – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, berlanjut pasca terbitnya PKPU No 5/2020. Jajaran Ad Hoc Bawaslu Tomohon pun diaktifkan mulai dari Panwaslu Kecamatang hingga di tingkat Kelurahan.

Konsolidasi dalam rangka pengawasan Pilkada sudah mulai dilaksanakan Bawaslu Tomohon. Kegiatan tersebut pun mendapat kunjungan Supervisi dari Bawaslu Sulawesi Utara, di Kantor Bawaslu Kota Tomohon, Rabu (24/6/2020).

Kordiv Bawaslu Sulut, Awaludin Umbola S.Hut selaku koordinator Wilayah Tomohon sebagai Divisi Penyelesaian Sengketa mengungkapkan, kunjungan ini bertujuan melihat langsung kegiatan Bawaslu Kota Tomohon terkait tindaklanjut tahapan pelakasanaan pilkada.

Pihaknya melakukan dialog bersama Bawaslu Tomohon terkait program kerja lanjutan terkait penyiapan Alat Pelindung Diri (APD) selama tahapan Pilkada. “Kami juga melakukan pemeriksaan data administrasi pengaktifan kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan,” beber Umbola.

“Ini juga dalam rangka monitoring dan supervisi potensi adanya sengketa calon perseorangan di Kota Tomohon pada Pilkada 2020, serta sarana prasarana dan kelengkapan teknis persidangan,” bebernya.

Umbola menjelaskan, kunjungan supervisi ini dilakukan pihaknya sebagai tugas dan tangung jawab sebagai Bawaslu yang berada di wilayah Provinsi. “Alhamdulila kunjungan ini juga merupakan silahturahmi sesuai dengan harapan,” tukasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Deisy Soputan S.Pd M.Hum mengatakan, dirinya bersyukur atas kunjungan rombongan Supervisi Bawaslu Sulawesi Utara (SULUT).

“Atas nama Bawaslu Kota Tomohon, pribadi serta jajaran, bangga atas kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Kordiv Bawaslu Sulut, Pak Awaludin Umbola, selaku kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, saya ucapkan terimakasi kepada Tim Supervisi,” ujar Soputan didampingi Pimpinan Bawaslu Kota Tomohon, Steven Linu SS,MAP dan Irvan Dokal.SH.

Soputan mengatakan, saat ini pihaknya sangat siap untuk menjalankan tugas. “Seluruh jajaran Panwas Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan serta persiapan Bawaslu Kota Tomohon pada Tahapan lanjutan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Pilkada 2020 dan tugas-tugas Pengawasan dapat berjalan dengan baik dan maksimal,” tukasnya.

Penulis: Terry Wagiu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top