Penulis : Terry Wagiu

TOMOHON, – Prestasi Olahraga di Kota Tomohon menurun. Dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara ke-XI di Kabupaten Bolaang Mongondow, Tomohon berada di posisi 6.

Sebab, dibanding dengan dua Porprov sebelumnya di Kabupaten Minahasa 2017 dan Kota Bitung 2019, Kota Tomohon berhasil menduduki peringkat ke-4.

Padahal Caroll Senduk SH yang merupakan satu-satunya kepala daerah di Sulawesi Utara yang memimpin KONI kabupaten/kota, sebagai Ketua KONI Tomohon, menargetkan masuk tiga besar.

Meski begitu, apresiasi harus diberikan orang nomor satu di Kota Tomohon ini, kepada para atlet yang telah mengikuti Porprov Sulut 2022 ini.

Caroll Senduk mengapresiasi upaya dan usaha para atlet didalamnya para pelatih, pendamping yang bekerja keras sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon menyampaikan selamat atas apa yang telah diraih para atlet Kota Tomohon dalam Porprov tahun ini. Mereka telah membawa nama harum Kota Tomohon,” ucap Senduk dalam keterangan Pers, Senin (14/11/2022).

Ia menambahkan, ucapan terima kasih sebesar besarnya kepada semua atlet dari Kota Tomohon. Baik yang mendapat medali ataupun yang belum mendapat medali, serta kepada pelatih dan official yang telah berusaha sehingga ada capaian yang baik.

“Tentunya ada berupa hadiah atau bonus yang akan diberikan kepada para peraih medali dalam keikutsertaan Porprov ini,” pungkas Walikota Tomohon Caroll Senduk.

Diketahui, Porprov Sulut yang dilaksanakan di Kabupaten Bolmong sudah resmi berakhir, Senin (21/11/2022).

Kota Tomohon harus puas finish peringkat ke-6, dengan 26 medali emas, 29 medali perak, dan 42 medali perunggu.

Untuk perolehan medali memang mengalami peningkatan dibanding tahun 2019, yang hanya 19 medali emas, 26 medali perak dan 23 medali perunggu.

Namun, peningkatan itu dipengaruhi oleh bertambahnya cabor yang dipertandingkan, seperti Balap Sepeda yang baru pertama kali dipertandingkan di Porprov Sulut.

Sehingga, medali yang diraih Kabupaten Kota lainpun bertambah.