MINAHASA – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Selasa (19/6/2023) menggelar kegiatan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa di Yama Resort Tondano.

Dalam sambutannya, Sekda Lynda Watania, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para peserta yang mengikuti kegiatan bernilai penting dan strategis ini.

Dalam rangka mengimplementasikan pengelolaan keuangan desa. Maka, pemerintah desa wajib melengkapi diri dengan kapasitas dan kompetensi yang tinggi, agar mampu mengoptimalkan pengelolaan keuangan desa berdasarkan aturan serta ketentuan berlaku.

“Saya mengharapkan agar hal ini tidak mempengaruhui semangat pengabdian hukum tua yang baru untuk melanjutkan kepemimpinan di desa,” pesan Sekda kepada peserta yang terdiri dari hukum tua dan sekretaris desa.

Kerja sama antara desa yang terjalin ke depan, kata Watania, diharapkan akan dapat memenuhui kebutuhan desa bersama didasari kesepakatan melalui peraturan para kumtua. Sehingga desa yang mempunyai potensi sumber daya alam dan produk unggulan dapat memberikan kontribusi bagi PAD. Dan tentunya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, saya minta agar seluruh peserta dapat memberikan perhatian pada materi yang disampaikan oleh para nara sumber, sehingga nantinya akan dapat diaplikasikan dengan baik di kecamatan maupun desa masing-masing,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah narasumber diantaranya, Inspektur, Drs Moudy Lontaan, Kepala BPKAD, Joice Puah, Kadis PMD, Drs Arthur Palilingan, Kadis Kominfo, Maya Kainde SH MAP, Kabag Hukum, Carlo Wagey SH, Koordinator Tim Pendamping Profesional P3MD, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung, dan Pemerintah Desa Sea Tumpengan.