SYDNEY,- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), pertama kali bendera Merah Putih dikibarkan di Australian National Maritime Museum (ANMM) atau Museum Maritim Nasional Australia, pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 13:00 waktu Sydney.

Penaikan bendera ini merupakan hasil dari kolaborasi antara Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney dengan ANMM.

Hal tersebut menyimbolkan hubungan bilateral RI-Australia yang kini semakin kuat.

Penaikan bendera dilakukan oleh Paskibra yang terdiri dari para pelajar yang telah ditunjuk oleh KJRI.

Acara ini dihadiri oleh Konjen Vedi Kurnia Buana, seluruh staf KJRI Sydney, Direktur, Manajer, danpimpinan ANMM lainnya.

Bendera Merah Putih dikibarkan di Australian National Maritime Museum.

Deputi Direktur ANMM Michael Baldwin mengungkap sejarah singkat pertama kalinya hubungan antara Indonesia dan Australia melalui kedatangan suku Makasan (Makassar) ke bagian utara Australia dalam rangka berdagang komoditas teripang.

Lebih menarik lagi, hubungan ini terjadi jauh sebelum kedatangan bangsa Inggris ke Australia. Suku Makasan memiliki hubungan yang erat dengan suku Aborigin di bagian utara Australia, baik dalam aspek dagang maupun sosial.

Meskipun tidak dapat dipastikan kapan tepatnya suku Makasan pertama kali datang ke Australia, penelitian menunjukkan bahwa hal ini diperkirakan terjadi sekitar abad ke-18.

Sebagai rangkaian acara setelah penaikan bendera, diselenggarakan pemutaran film “Indonesia Calling”.

Sebelum pemutaran, Konjen Vedi menyampaikan sambutan yang mengulas perjalananhubungan kedua negara dan peran strategis Indonesia di pentas dunia.