MINAHASA, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar Upacara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2022 di Halaman Manguni, Sasaran Tondano, Kamis (17/8/2023).

Sebelumnya, Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring, MSi menyerahkan bendera pusaka merah putih kepada Paskibraka di rumah dinas bupati. Kemudian dilanjutkan upacara bendera di halaman Manguni, Sasaran Tondano.

Upacara kemerdekaan Indonesia tingkat Kabupaten Minahasa ini berlangsung khidmat, dimana Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring, MSi bertindak selaku Inspektur Upacara dengan diikuti unsur TNI, Polri, ASN, anggota organisasi dan elemen masyarakat.

bertindak selaku pembaca teks Proklamasi Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw, SE dan perwira upacara Letnan Satu Inf Farisnop Ompoeo, kemudian Komdan Upacara Letnan Satu Inf Noby Rori, sementara komdan pasukan dioeecayakan pada Pelda Lodik Barantian.

dilanjutkan dengan prosesi pengibaran bendera merah putih oleh Anggota Paskibraka yang telah di kukuhkan beberapa waktu lalu. Usai pengibaran bendera, pemberian Satya Lencana Karya Satya kepada 227 ASN.

Upacara HUT RI ke 78 ini di hadiri Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE, Sekretaris Daerah Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, Forkopimda, Para Asisten, Para Staf Ahli Bupati, Inspektur Daerah, Sekretaris DPRD, Para Kepala Dinas, Badan Dan Satuan Kabupaten Minahasa, Direktur PDAM, Direktur RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano, Para Kepala Bagian, Camat Se- Tondano Raya dan seluruh Pejabat Eselon III, serta Para Staf Khusus Bupati.

Usai upacara bendera, Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring, MSi dan Wakil Bupati DR Robby Dondokambey, SSi, MM, MAP bersama Forkopimda dan para kepala-kepala OPD melaksanakan ziarah ke taman makam pahlawan Dr G S.S.J Sam Ratulangi Tondano.

Selanjutnya, di Rudis Bupati semua pejabat dan Forkopimda Minahasa secara khidmat mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual yang digelar di istana negara dan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi yang diadakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 ini, dipusatkan di Istana Merdeka RI, Jakarta yang dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden serta seluruh Menteri.

Diketahui kegiatan ini dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat di Indonesia baik melalui stasiun televisi atau pun live streaming YouTube serta video confrance oleh seluruh Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota.

Usai mengikuti detik-detik proklamasi, dilanjutkan tos kenegaraan oleh Bupati dan Wakil Bupati Minahasa serta diikuti Forkopimda dan seluruh pejabat di jajaran Pemkab Minahasa serta para Purnawirawan.

“Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, dan dalam memeriahkan HUT ke 78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023. Untuk itu, saya menyampaikan dirgahayu RI ke 78 terus melaju untuk Indonesia maju, Minahasa semakin hebat. Hidup Pancasila, hidup UUD 1945, hidup bhineka tunggal ika, hidup NKRI dan Merdeka,” ucap bupati.

Kemudian penurunan bendera pada Pukul 05.00 Wita, dan Wakil Bupati Minahasa DR Robby Dondokambey,SSI, MM, MAP bertindak sebagai inspektur upacara. Selanjutnya Paskibraka yang sudah menjalani pelatihan selama satu bulan itu, berhasil menunaikan tugasnya menurunkan bendera dengan baik dan lancar.

Diakhiri kegiatan, Bupati ROR dan Wakil Bupati RD bersama Forkopimda dan jajaran Pemkab Minahasa mengikuti penurunan bendera melalui live streaming yang berlangsung di Istana Jakarta.