TOMOHON,- Gangguan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon, ternyata sebagian besar adalah kerusakan instalasi pipa air pada pelanggan.

Hal itu diungkapkan Direktur PDAM Tomohon, Adrian Boy Ngeget, kepada wartawan, Jumat (15/12/2023), di ruang kerjanya.

“Ya, 80 persen keluhan pelanggan selama ini, setelah kita cek ke lapangan ternyata bermasalah pada instalasi yang ada pada pelanggan, baik di filter meter, maupun di boring atau sambungan ke jaringan pelanggan,” beber Boy Ngenget.

Mantan Direktur Umum PD Pasar Tomohon itu mengatakan, kebanyakan masalah yakni pipa menuju ke rumah pelanggan lepas dari pipa distribusi.

“Ini harus dimaklumi, sambungan pada pipa distribusi kebanyakan lepas dari pipa menuju pelanggan. Itu kebanyakan terjadi karena pengaruh getaran kendaraan yang lewat dekat pipa itu,” bebernya.

Ia mengatakan, ada sebagian masyarakat menyampaikan keluhan di media sosial (Medsos). Padahal, kata dia, mengeluhkan masalah air di medsos tidak menyelesaikan masalah.

“Jika ada keluhan terkait masalah air, tolong bisa langsung menghubungi kami. Supaya petugas boleh langsung ke lokasi. Kalau menyampaikan di Medsos, kami tidak bisa langsung menanggapi. Karena, kita tidak selalu monitor di medsos,” ucapnya.

Ia pun berharap, dukungan seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk kebaikan PDAM. “Informasi dan masukan dari warga Tomohon, tentu akan berefek positif pada kinerja kita,” pungkasnya.

Diketahui, untuk keluhan masyarakat terkait pelayanan PDAM, bisa menghubungi kontak telepon di (0431) 351-120, dan via WA di 081245555199.