TOMOHON,- Pemberian bantuan terhadap pelaku usaha Barista, atau para pengrajin kopi berbasis espresso, di Kota Tomohon, ‘bau amis’.

Pasalnya, dari informasi yang didapat media ini, bantuan tersebut, diduga mengalir ke usaha milik dari salah satu anak dari Walikota Tomohon, Caroll Senduk SH.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu Barista di Tomohon. Menurutnya, bantuan yang disalurkan lewat Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon tidak sesuai dengan tujuannya alias salah sasaran.

“Iya, kami sudah menelusuri para penerima bantuan itu. Nah, penerima berinisial IFR itu bukan pemilik usaha. Dia bekerja di salah satu cafe milik dari keluarga Pak Walikota,” beber Barista itu.

Lebih lanjut, Ia menerangkan bahwa, setelah ditelusuri, bantuan itu ada di tempat kerja dari penerima bantuan berinisial IFR.

“Kami menduga, mereka pakai nama IFR. Tapi penerima sebenarnya itu bukan dia. Karena, bantuan itu barangnya ada di salah satu tempat Souvenir Shop & Cafe yang ada di Kecamatan Tomohon utara,” bebernya.

Baca Juga: Penerima Bantuan Peralatan Barista di Tomohon Tahun 2022 ‘Kabur’!

Souvenir Shop & Cafe itu, ia melanjutkan, milik dari salah satu anggota keluarga Walikota Tomohon. “Iya, barang bantuan itu ada di situ. Video rekamannya jelas kok,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon, Nova Rompas saat dimintai keterangan mengatakan jika penyaluran bantuan itu sudah sesuai aturan.

“Yang pasti, sudah sesuai prosedur,” singkat mantan Kepala Badan Penanaman Modal tersebut.

Diketahui, dana bantuan terhadap pelaku usaha Barista di Tomohon itu, diusulkan oleh DPRD Tomohon dan ditata dalam APBD 2022 sebanyak 250 Juta.

Namun, pada APBDP 2022 dan itu berkurang menjadi kurang lebih 150 juta. Dana tersebut pun kemudian dibelanjakan untuk 3 orang pemilik usaha, yang menurut Dinas Koperasi dan UMKM Tomohon, adalah pemenang dalam lomba, rangkaian TIFF 2022.

Padahal, penerima bantuan peralatan barista yang diusulkan oleh DPRD Tomohon untuk 25 penerima. Penerimanya juga bukan untuk para pemenang lomba saat kegiatan rangkaian TIFF 2022.

Ketiga penerima bantuan tersebut yakni, Anreas Manus dari Kelurahan Talete, Intan Fabiola Runtu dari Kelurahan Walian Satu, dan Jeremia Mongdong dari Kelurahan Walian.