BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Rachmat Pontoh, menghadiri Simulasi Pemungutan, Perhitungan Suara dan Penggunaan Aplikasi Sirekap dalam Pemilu serentak Tahun 2024, di TPS 3 Desa Boroko Timur, Kecamatan Kaidipang, Rabu (31/1).

Ketua KPU Bolmut Zamaluddin Djuka mengatakan, Simulasi Pemungutan, Perhitungan Suara dan Penggunaan Aplikasi Sirekap, merupakan kegiatan permulaan karena tidak lama lagi akan digelar pemungutan suara pemilu pada 14 Februari 2024.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Rachmat Pontoh mengungkapkan, pelaksanaan simulasi pemungutan, penghitungan suara dan penggunaan aplikasi sirekap yang digagas oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini, merupakan agenda nasional di seluruh kabupaten/kota, dan menjadi sarana ada edukasi kepada seluruh 63.161 pemilih di Bolmut.

“Kami menyarankan kegiatan ini bukan hanya dilakukan di Desa Boroko Timur, dan ini mungkin butuh kerjasama kita semua stakeholder terutama seluruh pelaksana kegiatan untuk pelaksanaan persiapan Pemilu Tahun 2024 ini pada PPK, PPS, dan KPPS agar supaya mensosialisasikan contoh-contoh bilik suara kemudian jumlah surat suara, dan mengenai warna kertas suara,” kata Rachmat.

Ia berharap, kegiatan tersebut menjadi momentum untuk mengedukasi, mendidik, dan mensosialisasikan apa saja yang harus dipersiapkan dan yang akan dilakukan pada saat pemungutan dan perhitungan suara nanti.

Di TPS 3 Desa Boroko Timur, ada 248 pemilih yang terdaftar. Saat simulasi pemilih antusias menyalurkan hak suara sesuai dengan hati nuraninya. (*)