BOLMUT,- Gerak cepat dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), dibawa kendali Penjabat Bupati Sirajudin Lasena untuk mengantisipasi dampak buruk bencana banjir di Desa Inomunga, Kecamatan Kaidipang, Jumat (1/3).

Pemerintah Daerah (Pemda), langsung mendatangi masyarakat, dan memberikan bantuan yang diperlukan mulai dari mendistribusikan makanan siap saji, melakukan pembersihan di rumah-rumah yang tergenang banjir bersama masyarakat, hingga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi masyarakat yang sakit.

Nampak masyarakat Pemerintah menguras air di halaman dan rumah warga.

“Pemerintah daerah akan terus melakukan langkah antisipasi dan memberikan bantuan yang diperlukan bagi masyarakat yang terdampak. Mudah-mudahan bencana ini cepat berlalu, dan saya harap masyarakat tetap waspada,” kata Sirajudin.

Banjir bandang menerjang Desa Inomunga sejak Kamis (29/2) malam. Puluhan rumah direndam air, hingga menyebabkan barang-barang seperti kasur, sofa dan barang elektronik terendam banjir. Beruntung tak ada korban jiwa, meski air yang membawa lumpur mengotori rumah-rumah warga.

Pemda Bolmut membagikan makanan siap saji.

Terlihat di lokasi bencana, Kepala Dinas Kesehatan Ali Dumbela mengangkat ember berisi air untuk membersihkan rumah warga yang berlumpur. Ada juga Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Abraham Hasu yang mendistribusikan makanan siap saji kepada masyarakat.

Beberapa pegawai dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, seperti Ryan Korompot dan Edwin S Alam juga berada di lokasi membantu warga.

Barang barang milik warga korban banjir saat diamankan.

Saat ini banjir sudah surut dan cuaca tak lagi hujan. Meski masih mendung, namun cahaya matahari mulai terlihat dari balik awan.