BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten, Senin (25/3/2024).

Kegiatan itu, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2025-2045 di Aula Bapelitbangda.

Dalam sambutannya Sirajudin menyampaikan, pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten merupakan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentan Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kajari Bolmut serahkan doorprize saat Musrenbang kabupaten

Selain itu, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

“Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah,” ucap Lasena.

PJ Bupati Bolmut serahkan doorprize saat Musrenbang kabupaten

Dikatakan, perencanaan pembangunan daerah Tahun 2025 memfokuskan pada upaya pemulihan ekonomi. “Transformasi Eknomi Lokal Melalui Peningkatan Kemandirian Pangan dan Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Sektor Pertanian, Perikanan dan Pariwisata,” bebernya.

Sementara, lanjutnya, untuk visi RPJPD kabupaten tahun 2025-2045 yakni, Bolaang Mongondow Utara BERSINERGI (Berkelanjutan, Sejahtera, Inovatif, Ekonomi Maju, Religius) menjadi wilayah terdepan berbasis hilirisasi pertanian.

Sirajudin memberikan sambutan

“Rangkaian proses dan tahapan penyusunan RPJPD, dilaksanakan secara substantif sebagaimana peraturan perundang-undangan yang mengatur guna menjaga keselarasan antara RPJPD dengan RPJPN, RPJMD Provinsi, RTRW dan Dokumen perencanaan lainnya yang relevan,” jelas Bupati.

Ia berharap, hasil dari musrenbang ini akan menjadi dasar yang kuat untuk perencanaan pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat Bolmut.

Suasana pembukaan Musrenbang

“Bolmut kedepan harus jadi daerah mandiri, makanya kita harus keluar dari zona nyaman, investor akan kita hadirkan sehingga bisa dibangun pusat ekonomi baru untuk mensejahterakan rakyat,” tukas Sirajudin.

Turut hadir, Kapolres Bolmut, Kajari Bolmut, Sekretaris Daerah, Sekretaris Bappeda provinsi Sulut, Kepala BPS Bolmut, Perwira Penghubung 1303/BM di Boroko, Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bupati, Pimpinan OPD, para camat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta organisasi kemasyarakatan.***(adv)