BOLMUT,- Komitmen Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dibawah pimpinan Penjabat Bupati Sirajudin Lasena untuk menghadirkan perguruan tinggi di daerah dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) terus diseriusi.

Hal itu dibuktikan dengan ditandatanganinya nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Universitas Muhamadiyah Manado, Rabu (6/3).

Dari Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Sirajudin Lasena. Sementara itu dari pihak Universitas Muhamidyah Manado oleh Rektor Agust A Laya SKM MKes.

Dalam MoU tersebut memuat kesepahaman Kerjasama dalam Bidang Pendidikan, Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, serta Implementasi Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Itu artinya, Universitas Muhamadiyah Manado berpeluang untuk membuka kampus di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, sehingga lulusan SMA/SMK berkesempatan untuk melanjutkan studi tanpa harus jauh menimba ilmu ke daerah lain.

Beberapa program unggulan di Universitas Muhamadiyah Manado yakni, di bidang Kesehatan, Ekonomi dan Bisnis.

“Selaku pemerintah daerah, saya berharap Universitas Muhamadiyah Manado dapat dibuka di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sehingga generasi muda lulusan SMA/SMK di daerah yang akan melanjutkan studi, bisa lebih dekat dalam menimba ilmu dan boleh merasakan hadirnya perguruan tinggi di daerah sendiri,” kata Sirajudin.

Sebelum menandatangani MoU, Sirajudin sempat menjadi pembicara dalam kuliah umum sesuai permintaan dari Universitas Muhamadiyah Manado. “Pemerintah daerah akan serius membantu pengembangan Sumber Daya Manusia di daerah, makanya diharapkan akan ada kampus yang hadir di Bolmut. Dan untuk mahasiswa yang sudah memasuki akhir studi, segera membuat proposal ke pemerintah daerah agar bisa terbantu,” ujarnya.

Sirajudin yakin, lulusan Universitas Muhamadiyah Manado dapat diandalkan dalam menopang kemajuan pembangunan di daerah. “Saya optimis, jika lulusan dari universitas ini kelak siap pakai ketika sudah bekerja nanti,” tegasnya.

Rektor Universitas Muhamadiyah Manado Agust A Laya SKM MKes.mengaku sangat bangga dan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara karena bisa menjalin kerjasama dalam upaya peningkatan kualitas SDM. (*)