MANADO,- Keberadaan PT. Equityworld Futures Manado (EWF), sebagai perusahaan yang bergerak dalam Perdagangan Berjangka di Sulawesi Utara (Sulut), menuai reaksi positif dari petinggi Universitas De La Salle Manado.

Equityworld Futures Manado dinilai sebagai perusahaan yang jelas dan tidak perlu diragukan lagi keberadaannya.

Hal itu diungkapkan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Ivonne Angelic Umboh, S.E., M.Si, ketika memberikan materi dalam SEMINAR tentang Eksistensi PBK di Indonesia dan Sulawesi Utara, Selasa (23/4/2024) di Kantor Equityworld Futures Manado.

Ivonne mengatakan, bahwa keberadaan pihaknya di kantor tersebut menjalin kerjasama dengan EWF terkait pendidikan.

“Kami bekerjasama dengan EWF. Tentunya ketika kami bekerjasama apalagi terkait pendidikan, kami bukan memilih perusahaan yang abal-abal. Dalam artian, pusatnya jelas. Saya bukan memuji, tapi ini adalah fakta,” ungkanya.

Dikatakan, semua kerjasama antara pihaknya dan EWF terjadi bukan di saat sudah tau bagaimana perusahaan ini.

“Jujur kami memang belum sama sekali kenal, tapi karna ada kebijakan dari kementerian, perguruan tinggi itu harus menjalin kerjasama. Jadi ada dunia usaha, dunia industri, tidak sendiri,” tuturnya.

Keberhasilan terkait kerja sama itu, ia mencontohkan, ada mahasiswa yang magang di EWF. “Sekarang sudah menjadi karyawan di sini, sambil kuliah. Tangani digital Marketing. Dia magang, ambil data skripsi di sini,” beber Ivonne.

“Artinya kami membuat program kerjasama dengan EWF karena, EWF itu sangat terbuka dengan dunia pendidikan,” terangnya.

Selanjutnya, kata dia, ada beberapa perusahaan yang kerjasama dengan De La Salle, salah satunya EWF. “Sudah banyak yang dilakukan semenjak bekerjasama,” ujarnya.

Selain itu, menurut Ivon, kerjasama pihaknya dengan EWF menjadi penyambung bagi masyarakat, bagaimana meningkatkan literasi.

“Jadi kemampuan seseorang untuk mengenal suatu hal. Dalam hal ini supaya mengenal tentang perdagangan berjangka komoditi, yang selama ini banyak yang belum paham,” terangnya.

Ia berharap, Equityworld Futures terus memberikan pemahaman kepada mahasiswa-mahasiswa yang ada agar punya literasi yang cukup tentang perdagangan berjangka, supaya bisa mensosialisasikan kepada masyarakat. “Yang pasti kami mensupport  PT. Equityworld Futures Manado,” tukasnya.

Sementara, Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta, Stephanus Paulus Lumintang saat menyampaikan materi mengatakan, perdagangan Berjangka Komoditi sekarang semakin menarik.

Sebab, transaksi yang dilakukan melibatkan penyelenggara dan pelaku dari seluruh dunia. Semua proses transaksi dilakukan secara transparan dan berdasarkan mekanisme pasar.

Namun demikian, kata dia, para investor diminta untuk memperhatikan risiko yang terkandung. Risiko bukan sebuah momok, yang terpenting dipahami agar bisa dikelola dengan baik.

“Pada setiap instrumen investasi akan ada risiko, yang secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi tingkat pengembalian dari investasi tersebut,” ucap Stephanus.

Dilankutkan, yang perlu diperhatikan setiap investor adalah bagaimana mengelola dan meminimalkan risiko tersebut, agar tercipta sebuah iklim investasi yang sehat dan bertanggung jawab.

“Dalam hal ini, setiap investor harus benar-benar memahami aturan serta risiko dari jenis investasi itu sendiri. Ada rasa fair, tidak hanya memikirkan sisi positifnya semata,” tandasnya.

Di sisi lain, Pimpinan PT. Equity WorldFutures Cab. Manado, Joko Santoso ST, mangatakan, setiap bentuk investasi selalu menghadirkan dua sisi mata uang, yakni risiko kerugian dan potensi keuntungan.

Investasi di Perdagangan Berjangka Komoditi, kata dia, merupakan bentuk investasi yang memiliki risiko tinggi sekaligus berpotensi memberikan keuntungan yang amat tinggi dalam waktu relatif singkat (high risk, high return).

Dijelaskan, pengetahuan manajemen risiko yang baik akan membuat para investor di Perdagangan Berjangka Komoditi meraih keuntungan yang maksimal.

“Dalam pelaksanaan kegiatan usaha kami selalu mengedepankan yata kelola perusahaan yang baik dengan mengutamakan transparansi, dan prinsip kehati-hatian dalam penerimaan nasabah hingga penjelasan peluang dan risiko yang telah diatur sesuai Undang-Undang Perdagangan Berjangka Komoditi,” terangnya.

Selanjutnya Joko menegaskan, selama kepempimpinannya, selalu menjaga kualitas layanan adalah hal yang utama sebagai penilaian kinerja selain target bisnis.

“Kami memiliki komitmen untuk mencapai zero complain. Dimulai dari setiap investor yang bergabung akan kami jelaskan dahulu mengenai risiko, peluang dan legalitas perusahaan. Sebelum registasi online seluruh pernyataan investor juga akan terdokumentasi dengan baik sebagai mitigasi risiko di antara kedua belah pihak di kemudian hari,” terangnya.

Joko menambahkan, calon investor yang tertarik pada peluang di Perdagangan Berjangka Komoditi tak perlu khawatir. “Khususnya di EWF Manado, setiap investor akan mendapat penjelasan yang transparan dan menyeluruh,” bebernya.

“Selain itu mereka akan didampingi tim Wakil Pialang Berjangka yang berpengalaman. Sebagai wujud transparansi, EWF Manado juga memfasilitasi investor dengan Sistem Informasi Transaksi Nasabah (SitNa),” jelas Joko.

Dengan sistem ini, kata dia, memungkinkan investor menerima laporan transaksi setiap hari secara real time. “Para investor juga akan mendapatkan edukasi mulai dari cara bertransaksi via akun demo, strategi manajemen risiko hingga layanan konsultasi selama 24 jam,” ujarnya.

“Untuk antisipasi risiko trading, kami mengedukasi 4 strategi yaitu hedging, cut loss, averaging, switching. Setiap strategi ini digunakan pada saat kondisi tertentu dan bertujuan untuk meminimalisir risiko yang dialami oleh nasabah,” tukas Joko.

Diketahui, saat ini begitu banyak tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, salah satu sarana alternatif investasi yang memiliki potensi menghasilkan keuntungan amat besar dalam waktu yang relatif singkat adalah investasi di Perdagangan Berjangka.

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan pengetahuan di Perdagangan Berjangka Komoditi, PT Equityworld Futures Manado menyelenggarakan kegiatan SEMINAR tentang Eksistensi PBK di Indonesia dan Sulawesi Utara, beserta dampaknya dibidang Ekonomi Masyarakat bersama PT Bursa Berjangka Jakarta, dan rekan-rekan PERS untuk mengedukasi media dan masyarakat mengenai peluang dan risiko di Perdagangan Berjangka Komoditi.