BOLMUT,- Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS. Menghadiri Focus Group Discussion Seminar Laporan antara Kajian Potensi dan Perwilayahan Komoditas Pertanian di Aula Bapelitbangda, Kamis (16/5).

Jusnan menyampaikan sebagai syarat keberhasilan pembangunan pertanian diantaranya adalah dengan menyelesaikan berbagai permasalahan (solve The problems) diantaranya Produktivitas, efisiensi usaha, konversi lahan pertanian, keterbatasan sarana dan prasarana, serta terbatasnya modal dan infrastruktur pertanian.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) hari ini, merupakan penyampaian laporan hasil pengolahan data oleh tim ahli dari Institut Pertanian Bogor.

Melalui pengumpulan data dan informasi lapangan yang telah di laksanakan pada beberapa waktu yang lalu, dengan melakuka pengamatan langsung di lapangan, melakukan wawancara terstruktur, wawancara mendalam dengan petani, dan study documentasi/literatur. Sehingga tingkat kebenaran intepretasi dari hasil penelitian dapat di pertanggungjawabkan secara ilmiah.

Oleh karena itu, kami berharap masukan – masukan dari perangkat daerah terkait, serta seluruh peserta forum yang hadir, dapat menjadi catatan – catatan dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan dalam proses pelaksanaan kajian potensi dan perwilayahan komoditas pertanian di kab. Bolmut.

Turut hadir dalam acara ini, Tim ahli dari Institut Pertanian Bogor Dr. Mujio S.PI, M.Si ( ahli pengembagan wilayah ), Diar Shiddiq, SP, M.Si ( ahli sistem informasi geografis ), Mia Ermyanyla, SP, M.Si ( ahli Sosial ekonomi ), para staf Ahli dan staf khusus Bupati, Pimpinan OPD terkait, para Camat yang Hadir, Kepala balai penyuluh pertanian beserta penyuluh pertanian se kab. Bolmut, Ketua – ketua kelompok Tani, Peserta (FGD). (*)