BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev berhasil meraih gelar Doktor Administrasi Publik, Rabu (15/5). Gelar tersebut diraihnya setelah dinyatakan lulus sangat memuaskan (Cum Laude) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,88 oleh para penguji usai Ujian Terbuka Disertasi Promosi Doktor Dalam Bidang Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo di Ruang Sidang Lantai 2 Pascasarjana.

Sirajudin mulai mengbil program doktoral di pasca sarjana sejak Tahun 2020 silam, dan menjadi alumni doktor ke 124 di Universitas Negeri Gorontalo. Saat ujian, hadir keluarga terdekat mulai dari Istri Ny Ening Sulistri Lasena Adam bersama anak-anak, juga kakak kandung Drs Hi Amin Lasena bersama keluarga.

Disertasi yang dipresentasikan oleh Sirajudin berjudul “Strategi Pemerintahan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara” mengkaji berbagai strategi yang dapat diterapkan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di Bolaang Mongondow Utara.

Ujian tersebut diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., IPM, serta Tim Promotor dan Penguji, diantaranya :

  1. Prof. Dr. Abdul Halim. M.B.A,Ak.CA.CBV.ACPA (Penguji Internal)
  2. Prof. Dr. Rauf. A. Hutu, M.Si (Penguji Internal II)
  3. Prof. Dr. Ir. Mahludin H Baruwadi, M.P (Direktur)
  4. Dr. Yanti Aneta, S.Pd, M.Si (Koordinator Prodi/Co-Promotor I)
  5. Dr. Ismet Sulila, S.E., M.Si (Co-Promotor II)
  6. Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si (Promotor l)

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan PAD guna mendukung pembangunan berkelanjutan serta dapat memberikan dampak positif bagi pengelolaan keuangan daerah di Bolmut dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik kedepannya.

Keberhasilan dalam ujian terbuka ini tidak hanya merupakan pencapaian pribadi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi ASN lainnya dalam meningkatkan kompetensi dan kontribusi mereka terhadap pembangunan daerah. “Gelar ini menjadi hadiah bagi daerah tercinta yang sebentar lagi akan genap usia 17 tahun. Mudah-mudahan ilmu yang saya dapat ini, dapat bermanfaat untuk memajukan daerah danensejahterakan rakyat,” ujar Sirajudin. (*)