BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr. Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev menghadiri seminar akhir sekaligus Konsultasi Publik Penentuan Perwilayahan Komoditas Pertanian di Kabupaten di Aula Bapelitbangda, Senin (3/6).

Adapun maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk menyampaikan laporan hasil akhir kajian oleh tim ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB), setelah melalui beberapa tahapan kegiatan diataranya:

  • Seminar pendahuluan penyampaian instrumen kajian, yang dilanjutkan dengan pengamatan langsung di lapangan, wawancara terstruktur, wawancara mendalam dengan petani, studi dokumentasi/literatur yang dilaksanakan pada 5-9 maret.
  • FGD laporan pertengahan kajian potensi dan perwilayahan komoditas pertanian untuk menghimpun masukan dan saran dari berbagai pihak berupa pandangan dibidang pertanian sebagai bahan pertimbangan dalam dokumen kajian yang dilaksanakan pada 16 Mei 2024.

Sirajudin mengatakan dalam mewujudkan Pertanian yang maju dan berkelanjutan, Pemda Bolmut telah membangun kerjasama dengan IPB, salah satunya dalam bidang penelitian dan pengembangan wilayah. Dimana tim ahli akan melaksanakan penelitian pertanian dalam dua tahapan yaitu:

  • Melakukan kajian potensi dan perwilayahan komoditas pertanian
  • Membuat Road MAP pengembangan potensi dan komoditas pertanian

Diharapkan tim ahli IPB dapat memberikan rekomendasi yang tepat dan terukur serta mampu menjawab setiap permasalahan yang dihadapi petani khususnya untuk tujuan pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Dokumen Kajian Potensi dan Perwilayahan Komoditas Pertanian di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan penyerahan 10 Varietas bibit padi dari IPB yang diterima oleh Sirajudin.

Turut hadir, tim ahli dari IPB, para asisten, staf ahli bupati, staf khusus bupati, pimpinan OPD terkait, kepala balai penyuluh pertanian (BPP) dan para penyuluh, serta para petani. (*)