BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Dr. Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev, membuka Lomba Bertutur Tingkat SD/MI, se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara di Gedung Randy Grand Palace, Desa Langi, Rabu (24/7/2024).

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kearsipan Perpustakaan Daerah Kabupaten tersebut diikuti oleh 25 peserta.

Dengan tujuan menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal, dalam upaya membangun karakter kecerdasan, kreatifitas dan inovasi generasi muda di Bolmut.

Sirajudin mengungkapkan, di era modern ini, tantangan bangsa Indonesia adalah membudayakan literasi.

Literasi tidak hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup kemampuan memahami informasi dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Patut disyukuri, pada tahun ini, pemerintah daerah mendapat bantuan dari Perpustakaan Nasional berupa buku untuk 25 perpustakaan desa dan 3 taman baca masyarakat yang ada di Bolaang Mongondow Utara masing-masing sebanyak 1000 buah,” ujar Sirajudin.

Peran Dinas  Perpustakaan Daerah dalam membudayakan literasi sangat penting. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengadakan berbagai lomba, seperti lomba berutur.

“Meskipun lomba ini hanya merupakan bagian kecil dari keseluruhan upaya, namun memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat baca di kalangan generasi muda,” jelas Sirajudin.

Pengembangan SDM merupakan kunci utama dalam memajukan daerah. Dengan membudayakan literasi, generasi muda akan lebih berpengetahuan dan berdaya saing.

Diharapkan Kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk berkompetisi, tetapi juga menanamkan kebiasaan membaca yang dapat berdampak positif bagi para siswa.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan penyematan kartu tanda peserta oleh Pj Bupati. 

Turut hadir Ketua TP PKK sekaligus Bunda Literasi Kabupaten Ening Sutrisni Lasena Adam,S.St, Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Camat Bolangitang Barat, Para juri, para Guru pendamping dan Siswa Peserta.