Gambar Tomohon

Bolmut,- Berdasarkan data, 68 persen perputaran ekonomi masyarakat Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) disumbangkan dari bidang pertanian.

Demikian dikatakan Calon Bupati Bolmut Dr Sirajudin Lasena SE MEc Dev, dalam safari politiknya di Desa Paku Selatan, Kecamatan Bolangitang Barat, Minggu (29/9/2024).

Menurutnya, sebagian besar masyarakat Bolmut memiliki profesi sebagai petani, hal ini yang menjadi salah satu program prioritas SJL-MAP (Sirajudin-Aditya) dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat lewat bidang pertanian.

“Tentunya untuk meningkatkan bidang pertanian tidak hanya semata untuk menangani lewat ketersedian pupuk dan benih. Namun harus ditangani secara sistematis dari hilir hingga hulu,” kata Sirajudin.

Lebih lanjut dia mengatakan, persoalan ini harus ditangani juga lewat berbagai aspek, seperti akses pemasaran hasil pertanian dan bagaimana para petani juga dengan mudah untuk mendapatkan kemudahan lewat pembukaan lahan pertanian.

“Inilah yang kami maksud di tangani secara sistematis agar bidang pertanian kita dapat berkembang secara terstruktur dan sistematis. Jadi untuk apa ada pupuk namun tidak ada bibit, untuk apa pupuk dan bibit ada jika tidak ada anggaran untuk membuka lahan, untuk apa pula ada hasil produksi jika tidak bisa dipasarkan. Jadi ini lah yang kami maksud harus ditangani secara keseluruhan,” terangnya.

Penanganan ini bukan tidak mendasar, dimana bidang pertanian adalah salah satu pondasi perputaran ekonomi Kabupaten Bolmut maka dari pada itu pemerintah harus hadir untuk mengatur persoalan tersebut.

“Ini lah yang akan kami lakukan jika nanti dipercayakan oleh masyarakat, begitu juga dengan bidang bidang prioritas lainnya, kami SJL-MAP berkomitmen hadir di tengah tengah masyarakat,” tutur Sirajudin.

Gambar Tomohon