Bitung,- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, di Kota Bitung, Sulut memanas. Isu hoaks, terhadap Pasangan calon (Paslon), nomor urut 2, Hengky Honandar dan Randito Maringka, mulai dimainkan lawan politik.

Black campaign itu, terkait Program Keluarga Harapan (PKH) dan BPJS. Dari informasi yang beredar, program tersebut akang dihapus jika Hengky-Randito terpilih.

Isu tersebut pun dibanta Calon Walikota Bitung, Hengky Honandar ketika blusukan ke Kecamatan Maesa, Kota Bitung, Senin (30/9/2024).

Hengky menjawab pertanyaan pendukungnya yakni warga Kakenturan Satu, Kakenturan Dua, Bitung Timur, Bitung Barat Satu, Bitung Tengah, dan Pakadoodan, terkait penghapusan program PKH dan BPJS jika ia terpilih.

“Untuk PKH ini bantuan dari Pemerintah Pusat, bukan dari Pemkot Bitung. Datanya dari pusat. Petugas tidak boleh seenaknya mengganti nama penerima,” tegas Hengky, didampingi istri Ellen Sondakh.

Bantuan ini, kata dia, bukan milik dari satu partai lalu mengintimidasi masyarakat harus bersama sama mendukung paslon tertentu. Jika tidak sejalan akan dihapus dari daftar penerima bantuan.

“Itu semua tidak benar. Begitu juga BPJS yang saat ini lagi ramai di masyarakat menyebut, jika kami berdua terpilih, akan dihapus. Itu Hoaks,” ucap mantan Wakil Walikota Bitung itu.

Hengky menegaskan, PKH dan BPJS adalah program Pemerintah Pusat. “Tidak mungkin kita hapus jika terpilih. Itu fitnah yang ditujukan kepada kami sebagai pasangan calon,” bebernya.

Tanggal 20 Oktober, lanjutnya, Presiden baru akan di lantik. “Saya dan Randito akan segaris dengan pemerintah pusat,” ungkapnya.

“Jika Tuhan berkenan, kita akan memimpin Kota Bitung ke arah yang lebih baik dalam semua aspek, karena satu garis dengan pemerintah pusat,” terangnya.

Ia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak termakan dengan isu-isu tersebut. “Kami akan membuktikan lewat kerja, bukan hanya dengan retorika,” tukas Hengky Honandar.

Di sisi lain, masyarakat di Kecamatan Maesa berharap penuh pada Hengky Honandar bersama Randito Maringka untuk mengembalikan kondisi Kota Bitung yang dinilai terpuruk saat ini.

“Kembalikan kejayaan Kota Bitung, termasuk perekonomian masyarakat. Kami yakin, Pak Hengky dan Randito mampu,” tandas sejumlah masyarakat.

Diketahui, Paslon Hengky Honandar dan Randito Maringka diusung 10 partai politik, diantaranya Partai NasDem, Gerindra, Demokrat, PAN, Perindo, PPP, PKB, PSI, PKS, Garuda.