TOMOHON,- Hujan lebat mengguyur Kota Tomohon, di hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, Kamis (17/8/2023).

Suasana kemeriahan pawai yang biasanya dilaksanakan setiap 17 Agustus, oleh Pemerintah Kota (Pemkot) tak berkurang sedikitpun.

Pawai yang diikuti oleh siswa-siswa, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) itu, tetap menjadi “magnet” ribuan warga Tomohon dan sekitarnya.

Pantauan LiputanKawanua.com, meski sudah basah kuyup, semangat peserta pawai HUT RI ke 78 di Kota Tomohon tetap ‘membara’. Para peserta tetap dalam barisan, alat drum band tetap dimainkan.

Begitu pun masyarakat yang menonton pawai yang sudah membudaya di Tomohon ini. Tetap menyaksikan semangat para siswa di dataran kaki gunung lokon ini.

“Walaupun basah saat menyaksikan, tapi terbayar dengan penampilan anak-anak sekolah. Mereka juga tetap semangat,” ucap Tokoh Masyarakat Tomohon, Maurits Umboh saat bersua dengan wartawan media ini di RM Kopi Novita.

Semangat ini, kata dia, adalah hal yang sangat positif pada jiwa siswa di Kota Tomohon dalam memaknai hari Kemerdekaan RI.

“Sebagai masyarakat tentu kita bangga. Semoga semangat anak-anak sekolah ini akan merubah Kota Tomohon lebih baik lagi di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Dari pantauan, di panggung utama pelaksanaan pawai HUT RI di pusat Kota Tomohon, hadir menyaksikan, Walikota Tomohon Caroll Senduk didampingi istri, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu, Kajari, Dandim serta pejabat lainnya.