MINAHASA,- Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Jemmy Kumendong, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI yang digelar di Lapangan Makodam XIII/ Merdeka Manado, Kamis (5/10/23).

Pada Upacara HUT TNI ke-78 kali ini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) yaitu Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlantamal) VIII/Manado Laksma TNI Noldy Jan Tangka, dan yang bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) adalah Komandan Batalyon Zeni Tempur (Danyonzipur ) Letnan Kolonel Czi Hanif Tupen.

Dalam amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono SE MM, yang dibacakan oleh Irup menyampaikan, bahwa peringatan HUT TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota Legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah, yaitu pada 38 Provinsi, 415 kabupaten dan 98 Kotamadya,” jelas Panglima Yudo.

Kegiatan Upacara selesai dilanjutkan acara syukuran HUT ke-78 TNI di Garasi Makodam XIII/Merdeka.

Turut hadir Gubernur Sulut Prof Dr (HC) Olly Dondokambey SE, Forkopimda Provinsi Sulut, pejabat sipil dan militer di wilayah Sulut, Bupati dan Wali Kota Sulut, Sulteng dan Gorontalo masing-masing didampingi istri, serta undangan lainnya.