BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bolangitang Barat Tahun 2024, Senin (26/2). Musrenbang digelar dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 di Aula Kantor Desa Talaga.

Kegiatan diawali dengan penyerahan Dana Desa Tahap 1 atau 60% (Bets I) Tahun Anggaran 2024 oleh Penjabat Bupati Sirajudin Lasena kepada Sangadi Desa Apeng Sembeka, Desa Bohabak I, Desa Bohabak III, Desa Bohabak IV, Desa Saleo, Desa Mokusato, Desa Huntuk, Desa Busisingo Utara, dan Desa Tombolango.

Sirajudin mengatakan, musrenbang tahun ini pada intinya adalah menghimpun aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusunan RKPD Tahun 2025. “Ini merupakan upaya dalam rangka memperoleh program/kegiatan yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat berdasarkan kesepakatan bersama dan bukan berdasar pada keinginan segelintir orang,” katanya.

Rancangan tema pembangunan pada tahun 2025 yaitu “Transformasi Ekonomi Lokal Melalui Peningkatan Kemandirian Pangan dan Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Sektor Pertanian, Perikanan, dan Pariwisata”.

Adapun beberapa prioritas pembangunan daerah Tahun 2025 antara lain:

  • Pemerataan pembangunan yang berkualitas dan berdaya saing serta berwawasan lingkungan;
  • Penguatan kapasitas SDM yang berdaya saing;
  • Peningkatan daya saing investasi daerah;
  • Penurunan angka kemiskinan dan pengangguran;
  • Pembangunan sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata;
  • Peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan;
  • Pemerataan pembangunan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah.

Sirajudin tak lupa mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh masyarakat Bolmut, khususnya yang berada di Kecamatan Bolangitang Barat yang telah mensukseskan pemilihan umum Tahun 2024 dengan tertib. Hal tersebut tidak lepas dari kerjasama dan dedikasi baik dari seluruh masyarakat, pemerintah daerah, TNI/Polri, serta penyelenggara Pemilu sehingga menciptakan pemilu yang aman, damai, lancar dan kondusif. (*)