TOMOHON,- Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tomohon, Ir Fereydy Kaligis, MAP menegaskan komitmennya untuk melanjutkan dan mengawal seluruh kebijakan serta program kerja yang telah ditetapkan oleh Wali Kota definitif Caroll Senduk SH. 

Pjs Fereydy Kaligis Kaligis, yang merupakan perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), lewat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyatakan bahwa dirinya berhak mengambil kebijakan strategis sesuai aturan yang berlaku selama masa jabatannya di Kota Tomohon.

“Sebagai perwakilan dari Kemendagri, tugas saya adalah memastikan bahwa seluruh kebijakan yang diambil tetap mengacu pada peraturan yang ada dan tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Pjs Fereydy Kaligi di sela-sela pertemuan perdananya bersama jurnalis di Kota Bunga, belum lama ini.

Kaligis juga menjelaskan bahwa selama masa jabatannya, ia memiliki wewenang untuk mengambil keputusan strategis terkait pengelolaan fiskal daerah dan tata kelola birokrasi. 

Salah satu langkah konkretnya mana kala dirinya bersama DPRD memberikan prioritas pada proses pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran 2024. Yang kemudian akhirnya bisa diselesaikan tepat waktu.

“Pembahasan APBD-P 2024 harus tuntas sebelum jatuh tempo, dan ini menjadi salah satu fokus utama saya. Keterlambatan dalam proses ini dapat memengaruhi banyak sektor di Kota Tomohon, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik,” tambahnya.

Selain itu, Pjs Fereydy Kaligis menyebutkan bahwa dirinya juga bisa melakukan perombakan atau rolling pejabat jika diperlukan, dengan syarat adanya konsultasi dan persetujuan dari Kemendagri. 

Langkah ini, menurutnya, bertujuan untuk menempatkan pejabat yang tepat di posisi yang strategis guna memaksimalkan kinerja dan fungsi pemerintahan.

“Bisa melakukan rolling juga, asalkan ada konsultasi serta izin dari Kemendagri. Hal-hal ini tentunya bertujuan untuk memaksimalkan fungsi dan tugas para pejabat, demi pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat Kota Tomohon,” ujarnya.

Menyadari masa tugasnya yang singkat, Kaligis berharap agar seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon dapat bekerja sama secara sinergis. Ia mengajak semua pihak, termasuk tenaga honorer, untuk saling mendukung demi suksesnya pelaksanaan program-program yang sudah direncanakan oleh Wali Kota definitif.

“Tugas saya hanya melanjutkan dan mengawal apa yang sudah ditetapkan oleh pimpinan definitif. Saya akan membuat laporan yang nantinya ditembuskan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kemendagri, dan tentunya kepada Pak Caroll Senduk,” tegas Kaligis.

Ia juga menekankan bahwa dukungan dari seluruh jajaran di pemerintahan Kota Tomohon sangat penting untuk memastikan bahwa program yang sudah baik bisa ditingkatkan, dan yang masih kurang segera diperbaiki. “Meski singkat, saya berharap kita bisa bersama-sama membawa Kota Tomohon ke arah yang lebih baik ke depannya. Apa yang sudah baik kita tingkatkan, yang belum kita segera perbaiki,” ujarnya.

“Semua kebijakan besar, termasuk yang terkait perombakan pejabat, tidak boleh diambil secara sepihak. Harus ada konsultasi dan persetujuan dari pusat. Ini penting agar tidak ada kebijakan yang bersifat sepihak dan tetap sesuai dengan peraturan yang berlaku,” katanya.

Kaligis juga menyampaikan komitmennya untuk fokus pada pelayanan publik selama masa jabatannya. Ia berharap masyarakat Kota Tomohon dapat merasakan perbaikan dalam pelayanan, terutama di sektor-sektor yang langsung menyentuh kebutuhan warga sehari-hari. 

Selain itu, ia menegaskan bahwa setiap kebijakan yang diambil harus berdasarkan kepentingan masyarakat, bukan atas dasar kepentingan politik atau pribadi.

“Yang menjadi prioritas saya adalah memastikan pelayanan publik tetap optimal dan masyarakat merasa terlayani dengan baik. Oleh karena itu, saya berharap dukungan dari semua pihak untuk menjaga situasi tetap kondusif selama masa transisi ini,” tutupnya. (red)