Gambar Tomohon

BOLMUT,- Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara akan dilaksanakan 27 November 2024, serentak dengan ratusan daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Pilkada merupakan pesta demokrasi yang melibatkan seluruh masyarakat, yang telah memenuhi syarat untuk menggunakan hak suaranya. Di Pilkada masyarakat diberikan kebebasan, untuk menentukan pilihan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah terbaik yang dinilainya mampu membawa kemajuan bagi daerah.

Pilkada diharapkan menjadi sarana pendidikan politik yang baik bagi masyarakat, agar semakin dewasa dalam menyikapi berbagai dinamika yang terjadi di daerah.

“Beda pilihan dalam pesta demokrasi itu biasa, sebab yang paling penting itu meski beda pilihan tapi kita semua tetap baku-baku jaga, baku-baku Bae dan baku-baku sayang. Jangan karena beda pilihan politik kemudian sampe baku salah,” kata Dr Sirajudin Lasena SE MEc Dev, calon bupati nomor urut 3 yang diusung PDIP dan PPP pada Pilkada Bolmut, saat menghadiri pesta nikah Andre Mangunsuhe dan Holance Kudati di Desa Mokoditek 1, Kecamatan Bolangitang Timur, Kamis (10/10)

Sirajudin tak sendiri saat menghadiri pesta tersebut. Papa Rika, sapaan akrabnya didampingi calon wakil bupati Nomor Urut 3 Moh Aditya Pontoh SIP. Di pesta tersebut turut hadir juga Suriansyah Korompot SH, calon bupati Nomor Urut 1 yang diusung PKB dan Perindo pada pilkada Bolmut.

Ketiga figur tersebut menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi. Meski beda partai, beda pilihan, namun Sirajudin dan Suriansyah yang berada sepanggung saat pesta nikah itu, tampak sangat bersahabat. Mereka melantunkan lagu “Panggung Sandiwara” bersama dengan suara merdu dan mendapat aplaus dari hadirin yang hadir.

Beda jalan tak membuat keduanya lupa satu sama lainnya sebagai teman seperjuangan dalam memperjuangkan kepentingan rakyat Bolmut. Tak ada kata hujatan, apalagi sindir menyindir dan menjelekkan satu sama lain. Keduanya saling menopang dan memberi semangat, agar kelak siapapun nanti yang dikehendaki rakyat memimpin Bolmut, dapat menjadikan daerah ini lebih maju dan sejahtera.

Suriansyah Korompot SH, calon bupati nomor urut 1 mengungkapkan kehadirannya di pesta tersebut atas undangan keluarga. Meski bersesuaian dengan waktu kampanye, namun ia berusaha meluangkan waktu hadir, memberikan doa restu bagi pengantin dan keluarga yang baru Keluarga Mangunsuhe-Kudati. “Saya mendoakan semoga keluarga ini selalu berbahagia,” ujar Papa Fathur sapaan akrabnya.

Suriansyah mengimbau seluruh masyarakat di daerah, simpatisan dan pendukungnya untuk tetap menjaga stabilitas daerah tetap kondusif selama pesta demokrasi di Bolmut berlangsung.

Gambar Tomohon