Gambar Tomohon

BOLMUT,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berhasil menggelar debat publik putaran pertama Pilkada Tahun 2024 di Gedung Dharma Wanita, Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut, Senin (14/10).

Debat publik yang mengangkat tema “Inovasi Layanan Publik Yang Berorientasi Pada Percepatan Penyelesaian Persoalan Daerah” tersebut dihadiri oleh seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bertarung pada Pilkada Bolmut 27 November 2024.

Pasangan calon Nomor Urut 1 Suriansyah Korompot-Ramses Sondakh tampil dengan setelan kemeja putih, sementara itu pasangan calon nomor urut 2 Asripan Nani-Aktrida Datunsolang dengan setelan biru muda. Pasangan calon nomor 3 Sirajudin Lasena-Moh Aditya Pontoh berbalutkan kemeja putih, dan pasangan calon nomor 4 Hamdan Datunsolang-Moh Rafik Pangau tampil dengan kemeja biru tua.

Meski disaksikan oleh banyak pendukung dari masing-masing pasangan calon, namun debat berlangsung sangat kondusif dibawah pengamanan TNI dan Polri.

Pada debat kali ini, pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 3 Sirajudin Lasena-Moh Aditya Pontoh (SJL-MAP) tampil sangat memukau dan menonjol dibanding calon lainnya.

Kehebatan keduanya dalam menjabarkan program sangat baik. Begitu juga saat bertanya hingga menjawab pertanyaan calon lain sangat tepat.

Misalnya saat sesi tanya jawab calon bupati. Ketika Sirajudin menanyakan kepada calon bupati nomor urut 2 Asripan Nani soal penyiapan perguruan tinggi  di Bolmut sesuai program calon nomor urut 3, Asripan menyatakan sepakat untuk menghadirkan perguruan tinggi demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah dan menjadi investasi masa depan.

Calon bupati nomor urut 1 Suriansyah Korompot juga saat bertanya kepada Sirajudin, menyatakan harus mempersiapkan pertanyaan dengan baik, karena Sirajudin sangat ahli dalam mengelola pemerintahan dan keuangan. “Saya sendiri harus cari baik-baik pertanyaan untuk calon bupati nomor 3,” kata Suriansyah.

Meski lebih senior dan berpengalaman di birokrat, calon bupati nomor urut 4 Hamdan Datunsolang juga menyampaikan respek dan rasa hormatnya kepada Sirajudin, karena sangat ahli dalam mengelola keuangan di pemerintahan.

Debat yang berlangsung hampir 4 jam tersebut yakni sejak Pukul 13.00 hingga 16.00 Wita dipandu oleh moderator Regina Mangkey.

Ketua KPU Bolmut Jamaludin Dzuka mengaku sangat bangga, sebab seluruh tahapan pelaksanaan pilkada hingga proses debat publik berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Gambar Tomohon