banner 728x90

DPRD Minahasa Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Kepala Daerah TA 2020

Paripurna DPRD
Bupati menyerahkan dokumen LKPJ kepada Ketua DPRD Minahasa

MINAHASA, — Dipimpin Ketua Glady Kandouw,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2020 dan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan nomenklatur Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah menjadi Badan Pendapatan Daerah, bertempat diruang sidang DPRD Minahasa, Selasa (13/4/2021).

dprd minahasa2

Paripurna dihadiri Bupati Royke Octavian Roring (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD). sedangkan Kandouw didampingi Wakil Ketua Stecy Runtu dan Denny Kalangi  serta Sekretaris DPRD Dolfie Kuron.

“Tujuan LKPJ adalah mengetahui sejauh mana keberhasilan kepala daerah dalam menjalankan tugasnya selama periode tertentu serta peningkatan efisiensi, efektifitas, produktivitas dan akuntabilitas  penyelenggara pemerintah daerah melalui pengawasan DPRD,” kata Kandouw.

dewan

Lanjutnya, LKPJ Kepala Daerah sekurang kurangnya menjelaskan arah kebijakan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan Desentralisasi, penyelenggaraan tugas pembuatan, tugas umum pemerintahan.

dprd minahasa

“Pelaksanaan program-program pembangunan yang tertuang dalam LKPJ ini, memang menghadapi kendala akibat pandemi covid-19 yang mengharuskan Pemkab melakukan refocusing anggaran dalam rangka penanganannya. Disamping refocusing anggaran, pemerintah pusat juga mengurangi transfer dana ke daerah baik itu (DAU) maupun (DAK). Kondisi ini tentu menjadi beban  berat bagi pemerintah daerah minahasa, terutama untuk mengaktualisasikan 22 program prioritas yang telah kami tawarkan kepada masyarakat pada saat kampanye dan telah tertuang dalam RPJMD,” jelas ROR.

Sedangkan capaian penyelenggaraan pemerintahan daerah merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran Pemkab dengan berbagai dukungan, topangan dan bantuan dari DPRD, Pemprov dan Pemerintah Pusat. Olehnya Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam mewujudkan kemajuan Minahasa.(mrc/adve)