Jabat Staf Ahli, Istri Walikota Tomohon ke Luar Negeri 2 Kali Dalam Sebulan Dibiayai APBD

Jabat Staf Ahli, Istri Walikota Tomohon ke Luar Negeri 2 Kali Dalam Sebulan Dibiayai APBD
Istri Walikota Tomohon Jeand'arc Karundeng saat mendapat jatah Perjalanan Dinas ke Luar Negeri, Pasadena, Amerika Serikat

TOMOHON, – Usai menjabat Staf Ahli Walikota Tomohon pada bulan November 2022 lalu, drg Jeand’arc Karundeng langsung mendapat jatah Perjalanan Dinas ke Luar Negeri bersama Walikota Tomohon, Caroll Senduk SH.

Tak tanggung-tanggung, dalam sebulan telah dua kali melakukan perjalanan dinas ke Luar Negeri menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon. 

Dimana, dari informasi yang diperoleh, keberangkatan perjalanan dinas ke Luar Negeri yang dilakukan walikota dan istri bersama rombongan tertanggal 1-12 Desember 2022 dengan agenda mengikuti pameran dagang Artigiano in Fier di Milan, Italy.

Sedangkan yang kedua, tertanggal 30 Desember 2022 – 4 Januari 2023 menghadiri kegiatan ‘The 134’ Rose Parade, Pasadena, Amerika Serikat.

Baca Juga: Pengangkatan Istri Walikota Sebagai Staf Ahli Dinilai Salahi Aturan

Perjalanan dinas dari Walikota Tomohon, Carroll Senduk dan Staf Ahli Walikota, Jeand’arc Karundeng yang juga merupakan istri Wali Kota Tomohon itu ditanggapi tokoh masyarakat Tomohon, Stefy Edwin Tanor SE Ak, MM.

Menurut Stefy, seharusnya Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melihat kegiatan mana yang penting untuk dilaksanakan dan menyentuh langsung ke masyarakat.

Apalagi, kata dia, Presiden RI Joko Widodo sudah menegaskan bahwa untuk tahun 2023 fokus pada pemulihan ekonomi.

“Arahan Presiden RI agar TPID bekerja ekstra keras dalam pengendalian inflasi serta ajakan mari jo ba kobong dari Walikota Tomohon, Menunjukan bangsa ini tidak sedang dalam keadaan baik baik saja, pasca subsidi BBM dan energi dikurangi dan krisis ekonomi dunia maka, segenap kegiatan pembangunan ekonomi nasional harus dirasionalisasi.  Artinya efisiensi anggaran pembangunan harus dilakukan,” tegasnya.

Yang jadi pertanyaan, kata dia, dengan melakukan perjalanan dinas ke Luar Negeri untuk menghadiri suatu kegiatan, apakah akan langsung berdampak ke masyarakat?.

“Hal yang dilakukan Walikota Tomohon bersama istrinya ini terkesan menghamburkan uang rakyat, karena menggunakan APBD Kota Tomohon,” kata Tanor, yang diketahui merupakan tokoh pejuang pendiri Kota Tomohon itu.

Dia juga menyinggung soal program yang digaungkan oleh Pemkot Tomohon. Dimana, Walikota mengajak masyarakat untuk “Ba Kobong” (berkebun) atau memaksimalkan pertanian yang ada di Kota Tomohon. 

“Ajak masyarakat bertani, tapi walikota bersama istri malah ke Luar Negeri dengan dibiayai APBD Kota Tomohon. Apalagi, belum sebulan sudah dua kali ke Luar Negeri. Sebaiknya, hal ini dipertanggungjawabkan ke masyarakat. Apa keuntungannya menghadiri kegiatan di Luar Negeri,” tukasnya.

Baca Juga: Dokter Gigi Jadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, Pemkot Tomohon: Sesuai Ketentuan!

Diketahui, keberangkatan perjalanan dinas ke Luar Negeri tertanggal 1-12 Desember 2022 dengan agenda mengikuti pameran dagang Artigiano in Fier di Milan, Italy. Dianggarkan di APBD Kota Tomohon tahun 2022. 

Sedangkan yang kedua tertanggal 30 Desember 2022 – 4 Januari 2023 menghadiri kegiatan ‘The 134’ Rose Parade, Pasadena, Amerika Serikat. Dianggarkan di APBD Kota Tomohon 2023. 

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon, Edwin Roring ketika ditanya apakah pelantikan drg Jeand’arc Karundeng sebagai Staf Ahli Walikota Tomohon salah satunya untuk memuluskan perjalanan dinas ke Luar Negeri?. Hal tersebut dibantah Roring.

“Tidak ada sangkut dengan hal tersebut, untuk pengangkatan Staf Ahli itu sudah melalui mekanisme,” jawab Roring singkat.