SULUT, – Status Gunung Soputan, di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berada pada level II atau Waspada.

Hal itu diungkapkan petugas PVMBG Gunung Soputan, Steve Stuward Muaja Rotti, A.Md dalam laporannya. “Ya, per hari ini Senin (5/7/2021) status Gunung Soputan Level II,” ujarnya.

Dia (Steve-red) meminta masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 1.5 km dari puncak G. Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 2.5 km yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

“Mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gununh Soputan seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu,” tuturnya.

Jika terjadi hujan abu, kata dia, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut. “Itu untuk mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan,” ukasa Steve.

Berikut hasil pantauan PVMBG
Pos Pengamatan Gunung Soputan:

– PERIODE PENGAMATAN
05-07-2021 00:00-24:00 WITA

– GUNUNGAPI
Soputan (1809 mdpl),
Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara

– METEOROLOGI
Cuaca cerah, berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat daya dan barat. Suhu udara 18-29 °C. Volume curah hujan 1.8 mm per hari.

– VISUAL
Gunung kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.

– KEGEMPAAN
Guguran
(Jumlah : 1, Amplitudo : 4 mm, Durasi : 20 detik)

– KETERANGAN LAIN
Seismogram didominasi noise angin

– TINGKAT AKTIVITAS
G. Soputan Level II (Waspada)