KAWANUA Tomohon,- dr Ramon Amiman, Direktur RSU Bethesda Tomohon yang belum lama ini diberhentikan Yayasan Medika GMIM, menantang Sinode untuk melakukan Audit Keuangan selama dia memimpin.

Hal tersebut diungkapkan Ramon menyusul adanya isu ketidak beresan keuangan merupakan, salah satu penyebab dirinya diberhentikan dari Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) milik GMIM tersebut.

Permintaan itu diungkapkan dr Ramon Amiman, kepada sejumlah wartawan di Hotel Grand Master, Senin (24/1/2022).

“Jika ada dugaan penyelewengan anggaran oleh direksi saat kami aktif sebagai Direktur RSU Bethesda Tomohon, silahkan di audit,” tegas mantan KABIDDOKKES Polda Sulut itu.

Namun, kata Ramon, pihaknya mengingatkan l bahwa laporan keuangan di RSU Bethesda sebenarnya sudah diaudit dua kali per tahun.

“Kami diaudit oleh BPPS, lembaga resmi yang dibentuk oleh GMIM sendiri. Mereka diangkat bersamaan dalam pemilihan BPMS,” terangnya.

Selanjutnya…

Seandainya Yayasan dan Pembina akan memakai akuntan publik, menurut Ramon boleh-boleh saja. Namun, menurutnya harus menghadirkan BPPS yang notabenenya punya kewenangan.

“BPPS adalah lembaga yang punya kewenangan sesuai tata gereja. Mereka punya tanggung jawab moral supaya aset Gereja ini tidak hilang.

BACA JUGA: dr Ramon Amiman di Mata Karyawan RSU Bethesda Tomohon, Direktur yang Dicopot Yayasan

Dikatakan dr Ramon Amiman, jika kemudian nanti ada temuan penyelewengan anggaran yang masuk di rekening Direksi, tentu kami akan mempertanggungjawabkannya.

“Silahkan diaudit, kami siap,” tukas Purnawirawan Pemen Polri berpangkat Kombes itu, didampingi dr Ellaine Wenur M.Kes selaku Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Kesehatan, dr Mario Moningka sebagai Wakil Direktur Bidang Administrasi dan Keuangan.

Sebelumnya, dr Ramon Amiman yang diketahui adalah Direktur RSU Bethesda Tomohon dicopot dari jabatannya.

Pengelolaan anggaran di RSU milik GMIM itu, disebut-sebut sebagai salah satu penyebab mantan KABIDDOKKES Polda Papua itu dipecat.

Hal tersebut pun tidak diterima para karyawan di RSU Bethesda. Menurut ratusan karyawan, dr Ramon Selama ini adalah pemimpin yang jujur.