Penulis : Jesica Jes

TOMOHON, – Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tomohon yang baru, dilaporkan ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Senin (6/2/2023).

Pengurus yang baru periode 2023-2026 itu, dilaporkan pasca dilakukan pelantikan, oleh Ketua PWI Sulawesi Utara, Drs Voucke Lontaan, di Kantor DPRD Tomohon, Sabtu (4/2/2023).

Rombongan Pengurus PWI Tomohon yang terdiri dari Ketua Terry Wagiu, Sekretaris Melky Karwur, Bendahara, Jeackry Lumansik, Wakil Ketua Ivana Palit dan Micky Ratag serta pengurus lainya, Arthur Hansang dan Josua Wajong, diterima oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Denny Mangundap SH didampingi Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Organisasi Kemasyarakatan, Deice Wungow, SE dan Lidya Luntungan.

Ketua PWI Tomohon Terry Wagiu menjelaskan, penyerahan surat keputusan (SK) dan sejumlah dokumen lainnya, merupakan bentuk dari kepatutan untuk melaporkan keberadaan suatu organisasi, sesuai aturan yang berlaku di Indonesia.

“Kami pengurus PWI Tomohon periode 2023-2026 sudah dilantik. Melaporkan keberadaan PWI di Kota Tomohon menjadi awal, sebelum melangkah lebih jauh,” jelas Wagiu.

Pengurus PWI Tomohon Periode 2023-2026 saat melapor di Badan KESBANGPOL Tomohon

Langkah yang dilakukan oleh PWI Tomohon mendapat apresiasi dari Badan Kesbangpol Kota Tomohon.

“PWI merupakan organisasi pers pertama yang melaporkan keberadaanya,” kata Kaban Kesbangpol Tomohon, Stenly Mokorimban SH, melalui Sekretaris Kesbangpol Denny Mangundap SH.

Ia menjelaskan, organisasi yang memiliki kepengurusan mulai dari pusat dan provinsi, sifatnya hanya melaporkan bukan, mendaftar ke Badan Kesbangpol.

“Nantinya dokumen yang dimasukan akan diverifikasi lagi. Bila sudah lengkap akan dikirim melalui sistem aplikasi online,” pungkas mantan Kabag Hukum Sekda Kota Tomohon itu.