Penulis : Jesica Jes

MINAHASA – Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengikuti Pemaparan dari Itinerari Swepdi dari China untuk rencana Pembangunan dan Investasi Solar Powerplant Project at Danau Tondano Lake North Sulawesi bertempat di Rumah Dinas Bupati Minahasa, Kamis (6/4/2023).

Dalam pemaparan tersebut, dijelaskan Proyek PV terletak di danau Tondano, Minahasa. Pemerintah daerah telah menetapkan 400ha permukaan danau untuk pembangkit listrik fotovoltaik.

Untuk tahap pertama, kapasitas proyek PV terapung adalah 50MW dan untuk tahap akhir, kapasitas proyek PV terapung adalah 200MW.

Instalasi fotovoltaik Surya terapung memiliki keunggulan tertentu dibandingkan sistem berbasis lahan dan hasil energinya yang lebih baik berkat efek pendinginan air dan berkurangnya keberadaan debu.

Setelah penyelesaian pembangkit PV 50MW akan menghasilkan listrik sebesar 81448MWh pada tahun pertama, dengan rata-rata tahunan sebesar 75693MWh selama 25 tahun.

Danau Tondano terpilih menjadi lokasi proyek, karena berlokasi di daerah yang kaya akan cadangan energi Surya di Indonesia, pengembangan energi baru yang ramah lingkungan dan hijau, sejalan dengan kebijakan industri nasional indonesia. Proyek ini memerankan peranan positif dalam pembangunan ekonomi daerah yang berkelanjutan.

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengapresiasi dan mendukung Pembangunan dan Investasi Solar Powerplant Project di Danau Tondano ini.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung rencana Project ini, tapi tetap mengacu pada undang-undang yang berlaku”.

Turut Hadir Direktur China Zhang Yanggong Bersama Tim, Ass 2, Ka. Bappelitbabgda, Kadis PUPR, Kadis LH, Kadis PM PTSP,  Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis Perhubungan, Kabag Perekonomian, Kabag SDA, Kabag Prokopim, Kabag Umum, Camat Tondano Barat, Camat Tondano Selatan.