MINAHASA,- Kejuaraan series ASIA dari International WakeSurf and Wakeboard Federation atau Wakefest Minahasa 2023 resmi ditutup, Minggu (26/11/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini yakni 24-26 November 2023, sempat menyita perhatian masyarakat Sulawesi Utara.

Para atlet dari dalam dan luar negeri berlomba memperebutkan podium utama pada iven tersebut.

Mengusung tema Lake Tondano Home for Everyone, kegiatan tersebut dibuka dan ditutup secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, bertempat di Danau Tondano, Tonsaru, Minahasa.

Sebagai tuan rumah, Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Kumendong didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Lynda Watania menyampaikan terimakasih kepada para peserta, official, dan seluruh undangan serta masyarakat yang hadir pada kegiatan Wakefest Minahasa 2023 di Danau Tondano.

“Selaku pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan terimakasih kepada IWWF, Panitia, Pemerintah Provinsi dan Pusat serta masyarakat yang mendukung dan ikut mensukseskan kegiatan ini,” ungkap Pj Bupati Jemmy Kumendong.

Selain itu, lewat kegiatan ini, berbagai manfaat bisa dirasakan Pemerintah dan masyarakat.

“Baik dari segi perekonomian maupun sektor pariwisata di Kabupaten Minahasa,” ujar Kumendong.

Dirinya berharap lewat kegiatan Wakefest Minahasa 2023, dapat memberikan kesan positif kepada para Atlet maupun pengunjung dari luar negeri tentang keindahan alam di Minahasa

“Juga Budaya Minahasa serta keramahan masyarakat Minahasa yang bisa ditunjukan, agar pengunjung yang datang bisa melihat lebih dekat karakteristik masyarakat Minahasa,” sebut Kumendong.

Usai kegiatan, tampak Pj Bupati Jemmy Kumendong bersama Sekda Lynda Watania ikut menyerahkan cenderamata kepada Official dan medali kepada para atlet yang berada di Podium.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, mengungkapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Minahasa atas suksesnya event Wakefest Minahasa 2023.

Acara yang berlangsung di Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara ini sukses menarik perhatian warga lokal maupun internasional.

“Terima kasih kepada masyarakat Sulawesi Utara khususnya Minahasa karena sudah bekerja keras dalam mensukseskan acara ini, karena Danau Tondano bisa menjadi tempat untuk kejuaraan Internasional ini,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey.

Selain mengikuti kejuaraan ini, Olly mengatakan para tamu dan atlet tampak senang bisa berada disini.

Menurutnya ini merupakan event kejuaraan pertama untuk kategori olahraga air yang berlangsung di Sulawesi Utara.

“Tentu ini menjadi pengalaman, karena kejuaraan seperti ini baru pertama digelar di Sulawesi Utara,” tutup Gubernur Olly.