BOLMONG,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), dibawah kepemimpinan Penjabat Ir. Bupati Limi Mokodompit, tahun ini kembali mengukir prestasi gemilang, di bidang Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dari Ombudsman Republik Indonesia.

Pemkab Bolmong sendiri, mendapat Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik dengan angka skor yang cukup tinggi yakni 95,05 (Zona Hijau). Skor ini meningkat jauh lebih baik, dibandingkan dengan penilaian pada tahun 2022 lalu.

Pj Bupati Bolmong, Ir. Limi Mokodompit saat dihubungi media ini mengatakan, bahwa skor nilai yang diperoleh Pemkab Bolmong merupakan hasil penilaian langsung dari Ombudsman RI.

“Ini skor nilai yang tinggi ini berdasarkan hasil evaluasi pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia,” ujar Pj Bupati Ir. Limi Mokodompit, Jumat, 15 Desember 2023.

Secara keseluruhan, kata Bupati, Pemkab Bolmong menduduki peringkat kedua (2) untuk penilaian pelayanan publik kategori kab/kota setelah kota bitung.

Namun, untuk kategori kabupaten se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kabupaten Bolmong menduduki peringkat pertama.

Bupati menjelaskan, penganugerahan predikat pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia tersebut, diterima melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh Asisten Administrasi Umum Ramlah Mokodongan, Inspektorat Daerah Rio Lombone dan Bagian Organisasi Jenli Mongilong.

“SKPD atau UPP yang terevaluasi yakni Dinas PMPTSP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil, Puskesmas Inobonto dan Puskesmas Tadoy,” terang bupati.

Ia berharap, hasil skor ini agar dapat dipertahankan di tahun mendatang. Penilaian dari ombudsman Republik Indonesia itu menunjukkan bahwa pelayanan publik di lingkungan Pemkab Bolmong menandakan sangat baik. Dan ini tentu patut kita apresiasi terutama kepada Pimpinan OPD dan ASN dilingkungan Pemkab Bolmong, terutama OPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik.

“Saya tentu beri apresiasi kepada pimpinan OPD yang telah bekerja keras dan membantu merubah sistem ini lebih baik,” tutup Bupati Limi.

(Wandy)