BOLMUT,- Senin (29/1) Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Abdul Nazarudin Maloho, memimpin Rapat Kerja Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah ( TKPKD ) Bolaang Mongondow Utara Tahun 2024, di Aula Pohohimbungo Bapelitbangda.

“Rapat kerja ini merupakan wujud nyata kita bersama dalam mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem yang berisi penugasan dari Presiden kepada 22 Menteri, 6 Pimpinan lembaga dan Kepala Daerah, termasuk kita di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,” kata Maloho.

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2022 tingkat kemiskinan Kabupaten Bolmut berada pada angka 7,31%, atau 6.180 Jiwa dari 84.543 jiwa penduduk.

“Oleh karenanya upaya penghapusan kemiskinan ini tidak hanya sekedar wacana, akan tetapi diperlukan percepatan dan inovasi serta peran dari semua pihak secara terintegrasi,” ujar Maloho.

Ia berharap penanganan kemiskinan dapat dilakukan secara komprehensif, artinya kemiskinan tidak hanya dilihat dari pendapatan perkapitanya saja, tapi perlu adanya pendekatan menyeluruh dari segi ekonomi, sosial dan budaya, termasuk letak geografis, sehingga kebijakan di rancang sesuai dengan karakteristik masing-masing wilayah. (*)