Manado,- Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar rapat dengar pendapat atau RDP bersama pihak Sekretariat DPRD, Senin (26/02/24).

Informasi yang diperoleh media ini, rapat itu membahas tentang pelaksanaan tugas-tugas anggota DPRD Sulut selang bulan Januari dan Februari 2024. Agenda wakil rakyat ini dipimpin Ketua Komisi 1, Fabian Kaloh yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ditemui usai RDP, Sekretaris Dewan (Sekwan) Sandra Moniaga membenarkan pelaksanaan RDP. Dia menjelaskan, materi pembahasan meliputi bentuk pelaksanaan tugas-tugas pimpinan dan anggota DPRD yang sementara berjalan di bulan Februari ini.

SandraMoniaga

Selanjutnya, Sandra bilang, dikarenakan bulan Februari segera berakhir, maka telah dibahas persiapan tugas-tugas legislator untuk bulan Maret.

“Rapat juga membahas terkait pertanggungjawaban hasil kunjungan kerja kerja atau kunker anggota DPRD yang duduk di Komisi I, belum lama ini. Agenda lain yang dibicarakan di bulan Maret nanti,” aku Sandra kepada wartawan.

Mantan Kepala Dinas (Kadis) Pangan Provinsi Sulut ini menambahkan, setiap agenda sudah ditetapkan di setiap komisi yang ada di DPRD Sulut. Kemudian, masing-masing komisi sudah ada pos anggarannya.

“Sekarang ini sudah ada mekanisme dalam pembayaran, jika anggaran kas cukup maka akan dibayar, dengan catatan sebelum dibayar dokumen dan persyaratannya harus lengkap. Juga dalam pembayarannya, bisa dipanjar dan bisa juga di bayar langsung,” lugas birokrat senior Pemprov Sulut ini.

Rapat dengar pendapat dihadiri Ketua Komisi 1 Fabian Kaloh, dan sejumlah personil Komisi 1 di antaranya Hendri Walukow, Hilman Idrus dan Mike Lavarence.

Selanjutnya, dari pihak sekertariat hadir Sekwan Sandra Moniaga, Kabag Umum serta jajaran pimpinan dan staf sekretariat DPRD Sulut.(*)