BOLMUT,- Pemilu 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota sukses digelar di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Keberhasilan tersebut mampu diraih tentu tak hanya karena sumbangsih dari satu pihak, tapi karena ada keterlibatan banyak pihak, mulai dari pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), TNI, Polri dan masyarakat itu sendiri sebagai pemilik kedaulatan suara.

Atas keberhasilan melaksanakan Pemilu dengan sukses, aman dan damai di daerah, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena tak lupa memberikan apresiasi positif dan menyampaikan terima kasihnya untuk seluruh elemen masyarakat di daerah, yang turut berpartisipasi dalam mensukseskan pemilu kali ini.

“Selaku pemerintah, saya memberikan apresiasi positif dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang telah menunaikan hak demokrasinya, walaupun di tengah cuaca yang kurang bersahabat,” kata Sirajudin, Jumat (16/2).

“Saya memberikan apresiasi luar biasa dan mengucapkan terima kasih juga kepada rekan-rekan KPPS, Linmas dan aparat TNI/Polri  atas kerja kerasnya menjaga keamanan di daerah, sehingga pelaksanaan pungut hitung Pemilu Tahun 2024 bisa berjalan lancar,” kata Sirajudin lagi.

Sehari sebelum pelaksanaan Pemilu 2024 pada 14 Februari, Sirajudin mengaku sempat khawatir dengan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi ini. Sebab, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sempat dilanda bencana banjir di sejumlah wilayah yang mengakibatkan rusaknya beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Beruntung berkat kesigapan petugas, TPS yang rusak bisa direlokasi segera ke tempat aman hingga bisa digunakan, dan tingginya kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak suaranya, menyebabkan suasana di 277 TPS di 106 desa dan 1 kelurahan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tetap ramai. Masyarakat sangat antusias memilih calonnya, meski cuaca kurang bersahabat.

“Karena saat ini tahapannya sudah penghitungan suara, maka saya harapkan kepada seluruh masyarakat untuk sabar menanti hingga ada penetapan final dari pihak penyelenggara siapa yang terpilih. Harapan saya kita semua tetap mengawasi seluruh tahapan agar berjalan lancar, dan tetap menjaga Kamtibmas di daerah tetap kondusif agar Bolmut bisa lebih maju dan sejahtera ke depan,” jelas Sirajudin.