TOMOHON,- Partai Golongan Karya (Golkar) Tomohon merekomendasikan Ir. Miky Wenur MAP untuk maju bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024 mendatang.

Rekomendasi itu diberikan para kader, kepada Ketua DPD II Golkar Tomohon dalam rapat pleno diperluas yang digelar, Sabtu (2/3/2024).

Miky Wenur pun menyatakan diri siap maju sebagai Calon Wali Kota Tomohon periode 2024-2029, usai direkomendasikan para kader partai berlambang beringin di kota sejuk tersebut.

“Sebagai kader partai, ketua partai, saya siap maju berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh para pengurus kota, maupun kecamatan yang hadir dalam rapat pleno,” kata Miky Wenur setelah didaulat untuk maju sebagai calon walikota.

Meski begitu, Ketua DPRD Kota Tomohon Periode 2014-2019 ini mengatkan, tidak tertutup bagi para kader partai untuk mencalonkan diri. Karena, partai tidak menghambat keinginan kader untuk maju sebagai calon kepala daerah.

“Silakan saja bersosialisasi. Karena, tahapan sudah akan dimulai. Agustus nanti sudah masuk pendaftaran calon, ditetapkan September dan 27 November pemilihan,” katanya.

Diketahui, Pilkada tahun 2024 ini, sesuai aturan menggunakan hasil pemilihan legislatif 14 Februari tahun 2024.

Dalam hasil pemilhan legislatif tahun 2024 di Kota Tomohon, hanya ada 2 partai politik yang bisa mengusung calon, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Meski begitu, ada 3 partai yakni PDIP, Golkar dan Gerindra bisa membentuk satu fraksi utuh di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon.

Hanya saja, Partai Gerindra tidak dapat mengusung calon pada Pilkada 2024. Sebab, tidak mencapai 20 persen kursi DPRD.

Secara keseluruhan perolehan kursi di DPRD Kota Tomohon terdiri dari PDIP 15 kursi, Partai Golkar 7 kursi, serta Partai Gerindra 3 kursi dari total 25 kursi.

Dengan begitu, bagi mereka yang akan mencalonkan diri dalam Pilkada di luar PDIP dan Golkar, mau tidak mau melalui jalur independen.