Tomohon,- Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sudah dimulai. Sederet figur di Kota Tomohon bermunculan dan digadang-gadang maju ‘bertarung’.

Menarik, dua sosok populer di kota sejuk yakni Walikota aktif Caroll Senduk SH dan Ketua DPRD Tomohon Djemmy Jerry Sundah SE belakangan ini ‘mesra’.

Seperti pemandangan yang terlihat saat kunjungan Kapolda Sulut Irjen Pol. Yudhiawan SH SIK MH M.Si, di Polres Tomohon belum lama ini. Keduanya ‘lengket’ saat menyambut Jendral Bintang Dua itu.

Hal tersebut pun membuat publik berspekulasi bahwa peluang keduanya berpasangan pada Pilwako Tomohon 2024 terbuka lebar.

“Bisa saja. Dan jika pasangan ini terjadi, tentu sangat berpotensi besar menang siapapun lawannya. Sebab, keduanya punya basis masa yang sangat jelas,” ungkap Albert Lasut warga Kecamatan Tomohon Tengah, Senin (25/3/2024).

Terkait hal itu pun, Caroll Senduk SH kepada media ini mengaku bawa selama ini memang mesra dengan Ketua DPRD.

“Soal pasang-pasangan, kami itu di PDI Perjuangan ada mekanisme. Jadi sebagai petugas partai, menunggu petunjuk dari DPP,” beber Walikota aktif itu.

Sementara, Djemmy Sundah yang diketahui adalah salah satu kader terbaik Golkar Sulut itu belum menanggapi terkait hal tersebut.

Ada sejumlah figur yang mencuat pada Pilkada Pilkada Tomohon 2024. Seperti mantan Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut yang sudah terang-terangan akan maju lewat jalur Perseorangan.

Dari informasi, pengumpulan dukungan pun sudah dimuali. Ia akan berpasangan dengan Michael Mait yang diketahui adalah Penatua Anak Sinode GMIM.

Selain itu, ada nama Miky Wenur, Jilly Gabriella Eman, Vonny Pangemanan, Christo Bless Eman, James Enrico Kojongian, Mono Turang serta figur lainnya.

Diketahui, persiapan Pilkada 2024 sudah dimulai. Tahapan untuk memilih kepala daerah pun sudah dikeluarkan KPU RI.

Berikut tahapan Pilkada 2024:

  • 5 Mei – 19 Agustus 2024: pemenuhan persyaratan dukungan calon perseorangan
  • 24-26 Agustus 2024: pengumuman pendaftaran pasangan calon
  • 27-29 Agustus 2024: pendaftaran pasangan calon
  • 27 Agustus – 21 September 2024: penelitian persyaratan calon
  • 22 September 2024: penetapan pasangan calon
  • 25 September – 23 November 2024: pelaksanaan kampanye
  • 27 November 2024: pelaksanaan pemungutan suara
  • 27 November – 16 Desember 2024: penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara