BOLMUT,- Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, SE, M. Ec. Dev, menghadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Penyusunan Peta Proses Bisnis Perangkat Daerah Tahun 2024 di Hotel Quality Manado, Selasa (5/3).

Sirajudin mengungkapkan, reformasi birokrasi bukanlah semata-mata tentang mengubah struktur organisasi, tetapi lebih pada penyempurnaan budaya kerja, dengan melibatkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta, guna menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan dan kemajuan bersama.

Realisasi pencapaian Indeks Reformasi Birokrasi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar 11, 29 point dari Tahun 2022, dan 28,06 point besar dari Tahun 2020 (Tahun pertama Indeks Reformasi Birokrasi diperoleh).

Indeks Reformasi Birokrasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mengalami peningkatan juga pada 4 (Empat) tahun terakhir. Pada tahun 2020 mendapatkan nilai 31,93, 2021 dengan nilai 40,03, Tahun 2022 dengan nilai 48,70 dan pada tahun 2023 dengan nilai 59,99.

“Pentingnya memahami Peta Proses Bisnis menjadi kunci kesuksesan dalam upaya reformasi tersebut. Dengan Merinci setiap tahap dan memahami alur kerja yang ada, kita dapat mengidentifikasi titik-titik lemah, menghilangkan redundansi, dan mempercepat proses secara keseluruhan. Dengan demikian kita dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan responsif kepada masyarakat,” kata Sirajudin.

Kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, Sirajudin tak lupa menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukan selama ini. “Mari bersama-sama kita raih prestasi yang Lebih tinggi, sehingga visi dan misi pembangunan daerah kita dapat terwujud sesuai dengan Harapan masyarakat,” ujarnya.

Turut Hadir, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Uteng Datunsolang, Spd, Msi, kepala Bagian Organisasi, Para Camat dan Seluruh Peserta. (*)