Manado, – PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi, Airnav Indonesia cabang Manado dan RSUD ODSK Provinsi Sulawesi Utara menjalin Kerjasama dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan ( Basarnas) Manado terkait informasi pencarian dan pertolongan pada senin (29/10/2024) bertempat di hotel Four point.

Bentuk kerjasama ini sebagai tindaklanjut yang dituangkan pada Nota Kesepahaman tentang Pelayanan informasi Pencarian dan Pertolongan yang ditandatangani oleh 3 instasi tersebut dengan Basarnas adalah Perjanjian koordinasi operasional (Letter of Operational Agreement / LOCA) Letter of Operational Coordination Aggrement atau Perjanjian Koordinasi Operasional (LOCA) ini merupakan pelaksanaan dari undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan serta Peraturan Pemerintah nomor 77 tahun 2012 tentang Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggaraan Pelayanan Navigasi penerbangan Indonesia terkait dengan pelayanan informasi pencarian dan pertolongan dan juga sesuai dengan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2014 dimana Badan SAR Nasional (Basarnas) merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementrian di Indonesia yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Letter of Operational Coordination Aggrement (LOCA) adalah Sebuah dokumen legal yang merupakan pedoman pelaksanaan Koordinasi operasional penerbangan dimana peraturan pelengkap yang mengatur secara lebih tekhnis segala ketentuan yang sudah disepakati kedua belah pihak yang tentunya akan memperjelas kewenangan dan tanggung jawab masing masing pihak dalam setiap pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan pada kecelakaan pesawat udara dan juga merupakan amanah dari organisasi penerbangan civil Internasional atau yang disingkat dengan ICAO.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Maya Damayanti mengatakan bahwa Pendatanganan Letter of Operational Coordination Aggrement (LOCA) ini merupakan wujud nyata dari komitmen bersama untuk menjaga dan meningkatkan layanan secara efektif dalam menjamin keselamatan penumpang pesawat udara.

Lanjut menurut Maya Damayanti bahwa Kolaborasi, Kerjasama, koordinasi Bandara dengan stakeholder yang termasuk didalamnya keterlibatan dengan Basarnas dan Airnav sendiri selama ini sudah berjalan baik dan lancar terutama dalam kegiatan Posko Lebaran tanggal 3 sampai dengan tanggal 18 April 2024 dan dan juga pada saat adanya abu Vulkanik Gunung ruang yang berdampak terhadap tutupnya operasional Bandara pada tanggal 19 April 2024.

“Nantinya Kerjasama ini tentunya akan meliputi berbagi data atau informasi, koordinasi, komunikasi, peningkatan dan pemanfaatan sumber daya manusia, Latihan operasi SAR bersama dan kegiatan lainnya,” ujar Maya Damayanti.