BOLMUT,- Seluruh Umat Muslim di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara merayakan Idul Fitri dengan khusyuk, Rabu (10/9). Idul Fitri dirayakan setelah Umat Muslim di daerah ini menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan 1445 H selama sebulan penuh.

Perayaan Idul Fitri di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara diawali dengan Sholad Ied di masjid-masjid dan di lapangan yang telah disiapkan. Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena SE MEc Dev mengikuti Sholad Ied di Masjid Agung Baiturahman Boroko.

Usai Sholat Ied, Sirajudin bersalam-salaman dan bermaaf-maafan dengan jamaah yang hadir mulai dari dalam masjid hingga ke halaman. Suasana keakraban dan kekeluargaan sangat dirasakan di hari yang penuh bahagia tersebut.

Setelah itu, Sirajudin melakukan ziarah ke makam kedua orang tuanya di Desa Boroko. Dimakam ibunda tercinta Almarhumah Darima Lauma Binti Sunge Lauma dan ayah tercinta Almarhum Ismet Bin Nahura Lasena, Sirajudin sempat terisak dan meneteskan airmata karena mengingat kebaikan dua sosok yang sangat berarti dalam hidupnya.

Usai Ziarah, Sirajudin langsung menuju ke kediaman pribadinya yang juga menjadi rumah dinasnya untuk sementara waktu. Di rumah tersebut, Sirajudine menggelar open house bersama keluarga didampingi istri tercinta Ny Ening Sutrisni Lasena Adam.

Ribuan masyarakat sejak pagi hingga malam datang ke rumah menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri kepada sosok Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena. Ada salam-salaman, peluk, hingga cium pipi kiri dan kanan sebagai tanda kuatnya tali silaturahmi dalam upaya membangun daerah menjadi lebihaju kedepan.

Jajaran pemerintahan juga hadir memberikan selamat. Yang menarik juga saat open house, Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga Tenaga Harian Lepas (THL) di jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terlibat aktif untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hadir. Sebuah gambaran kuatnya toleransi antar umat beragama yang terus terbangun di daerah ini. Apalagi pada kesempatan tersebut hadir juga Ketua GMIBM Wilayah Boroko sekaligus Ketua Jemaat GMIBM Sentrum Boroko Pdt Feki Ombuh yang memberikan ucapan Selamat Idul Fitri.

Sirajudin tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara karena boleh merayakan Idul Fitri tahun ini dengan aman dan sukses. “Saya, Sirajudin Lasena, Penjabat Bupati Bolmut, mewakili keluarga dan pemerintah daerah mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita masih bisa berteman lagi di Ramadhan dan Idul Fitri berikutnya,” katanya. (*)